Sinergistas Dalam Menjaga Keletarian Alam yang dilakukan Oleh Kades Sorinomo Polsek Pekat, dan KPH
DOMPU,WARTADOMPU- Dalam upaya menjaga kelestarian alam, dan mengembalikan fungsi hutan yang telah rusak, akibat kegiatan perambahan hutan secara masif dan luas, pada hutan lindung yang mengakibatkan sumber mata air berkurang dan kering.

Kepala Desa Sorinomo, Sukardi dan Masyarakat Desa Sorinomo,  Membangun Sinergisitas Tanam 2000 Pohon di Desa Sorinomo bersama Kapolsek Pekat melalui Kapolpos Doropeti, Kecamatan Pekat, Bripka Putu Sumahardana dan BKTM Desa Sorinomo Briptu M. Wahid, dan KPH Pekat Kasi Kam dan Ka Resort Tambora Tanam 2000 pohon di Lokasi Mata Air, Tanah Tutupan Negara, Dusun Pade, Maju, Desa Sorinomo, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Nusa Tengara Barat. Rabu (4/3/2020) Sekitar Pukul 08.30 Wita di Desa Sorinomo, Kecamatan Pekat.

Kegiatan Reboisasi dilakukan pada kawasan hutan lindung lokasi mata air yang merupakan tanah tutupan negara, di Dusun Pade Maju, Desa Sorinomo, Kecamatan Pekat.

Hal ini dilakukan dalam upaya untuk menyelamatkan dan mengembalikan fungsi hutan yang rusak, akibat adanya kegiatan perambahan hutan secara masif dan meluas yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab di lokasi tersebut.

Yang mengakibatkan hutan sebagai penyangga kehidupan manusia rusak. Yang berdampak pada mengeringnya sumber mata air diatas hutan tutupan negara, Dusun Pade Maju, Desa Sorinomo, Kecamatan Pekat.

Adapun tujuan  Reboisasi ini, untuk mengembalikan fungsi pokok hutan yang telah rusak, terlebih pada kawasan hutan tutupan negara yang menyimpan potensi sumber mata air bagi kehidupan masyarakat.

Adanya kerjasama, sinergi Pemerintah, Masyarakat, Aparat Keamanan dalam hal ini Polri serta Pihak Dishut (KPH Tambora) dalam menjaga dan merawat Hutan, khususnya pada sumber mata air sebagai penyangga kehidupan Masyarakat.

Serta mengajak dan memotivasi secara bersama Masyarakat yang mengelola hasil lahan hutan dalam usaha pelestarian dan atau perawatan untuk kemanfaatan Sumber Daya Hayati dan Air.

Adapun jenis Pohon yang di tanam yaitu Dua Banga Molucana, Klanggo,Kemiri,Durian,dan Mahoni. ‘’Jumlah bibit pohon sebanyak 2000 bibit’’. Kata AIPTU Hujaifah PS Paur Sub Bagian Humas  Polres Dompu kepada Wartawan. (EKHA)

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.