Keindahan Nisa Pudu juga mendapat pengakuan dari Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah yang belum lama ini datang berkunjung ke dompu, dalam agenda Penghijaun dan Penanaman Bibit Pohon Mangrove di Kecamatan kilo 2019 lalu.
Keindahan Nisa Pudu juga mendapat pengakuan dari Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah yang belum lama ini datang berkunjung ke dompu, dalam agenda Penghijaun dan Penanaman Bibit Pohon Mangrove di Kecamatan Kilo 2019 lalu.
WARTADOMPU.com-Kabupaten Dompu, Propinsi Nusa Tengara Barat, satu dari 10 (sepuluh) Kabupaten/Kota yang ada di NTB, yang menyimpan banyak potensi Sumber Pariwisata dan Sumber Daya Alam (SDA) yang dikelola dengan baik.

Sebut saja Potensi Pariwisata Pantai Lakey yang sekarang mendunia, dan Potensi Pertambangan Emas yang saat ini tengah digarap oleh PT. Sumbawa Timur Mining atau STM, yang terletak di Kecamatan Huu, Kabupaten Dompu.

Dan masih banyak lagi Potensi lainnya yang terkandung di Daerah yang berslogan ‘’Bumi Nggahi Rawi Pahu’’ ini.

Secara Administrasi, Kabupaten Dompu  berada di Propinsi Nusa Tenggara Barat,  yang terletak dibagian tengah Pulau Sumbawa.

Secara Geografis Kabupaten Dompu terletak pada 08 derajat 10.00 samapai 08 derajat,40 00 sampai dengan 118 derajat,30 Bujur timur.

Kabupaten Dompu Ibu Kotanya   Dompu, terdiri dari 8 Kecamatan, yakni Kecamatan Dompu, Woja, Hu’u, Kempo, Kilo, Pekat, Pajo dan Kecamatan Manggelewa.
Dengan jumlah Desa/kelurahan 57 buah, 9 Kelurahan, 44 Desa difinitif, 4 Desa Persiapan.

Dengan Batas wilayah Administrasinya  sebagai berikut :
Sebelah Utara
:
laut flores dan kabupaten Bima
Sebelah Timur
:
Kabupaten Bima
Sebelah selatan
:
Samudra Indonesia
Sebelah Barat
:
Kabupaten Sumbawa

Potensi Wisata Nisa Pudu Pulau Kecil yang Tak Berpenghuni
Secara Administrasi, Nisa Pudu berada di Desa Soro, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu. Sebelah Barat Laut Lepas. Sebelah Selatan Desa Kwangko, Sebelah Utara Laut Kecamatan Pekat, dan Sebelah Timur Perkampungan Nelayan Desa Soro.

Nisa Pudu merupakan pulau kecil yang berada ditengah laut teluk saleh.  yang terletak di Desa Soro, Kecamatan Kempo, 30 Km dari Pusat Kota Pemerintahan Kabaupaten Dompu, dengan lama perjalanan sekitar 80  menit  Menggunakan Roda II maupun IV. 

Namun bagi pengunjung yang mengambil rute dari bandara Sultan Hasanudin atau diluar Dompu, lama perjalanan sekitar 2 jam. Pintu masuk Desa Soro, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu.

Untuk bisa mengunjungi Nisa Pudu pengunjung bisa menggunakan Jasa Angkutan/Transportasi Laut seperti Perahu atau Boat yang disediakan oleh Nelayan Desa Soro. 

Dengan merogoh kocek Rp. 300 ribu rupiah pulang pergi. Jarak tempuh Selama 30 menit, para pengunjung dan rombongan bisa langsung menikmati keindahan Pulau ini ‘’Nisa Pudu’’.

Nisa Pudu memang tidak sepopuler Gili Trawangan, Gili Air ataupun Gili Manu di Lombok. Tetapi keindahannya tidak kalah dari itu.

Hanya saja keberadaan pulau ini jarang diketahui oleh semua orang, dikarenakan akses informasi, publikasi dan dokumentasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Dompu yang kurang.

Meski demikian, Nisa Pudu selalu diburu oleh pecinta wisata atau Travelling untuk datang berkunjung ketempat ini.

Sementara itu, Buat para pengunjung dari  arah kota mataram, dan sumbawa, Akses masuk kepulau ini juga bisa dilakukan di Desa Kwangko, Kecamatan Manggelewa. Lama perjalanan menggunakan perahu lebih kurang 15-30 menit.

Nisa Pudu Pulau Eksotik yang Tersembunyi
Meski namanya tidak setenar pulau lainnya di lombok seperti Gili Trawangan, namun ekspektasi kebersihan pantai di pulau ini membuat para pegunjung betah untuk berada disini.

Hanya saja pulau ini tak berpenghuni. Air lautnya yang biru, serta gundukan pasir putihnya menjadikan Nisa Pudu pulau yang paling unik dan eskotik untuk dikunjungi.

Tidak hanya itu, Rumput yang subur tumbuh memanjang dan lebat diatas bukit ini menjadi daya tarik para pengunjung yang datang ke pulau ini.

Air laut yang tenang, terdapat dua pulau yang besar dan kecil, tak jarang Nisa Pudu dijadikan Foto Preweding oleh pasangan muda mudi yang mau menikah.

Bagi pengunjung yang ingin mencoba Travelling ke Nisa Pudu agar bisa membawa bekal sendiri di rumah. Karena disini tidak disediakan menu makanan atau snack jajanan  yang dijual disini.

Keindahan Nisa Pudu juga mendapat pengakuan dari Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah yang belum lama ini datang berkunjung ke Dompu, dalam agenda Penghijaun dan Penanaman Bibit Pohon Mangrove di Kecamatan Kilo 2019 lalu.

Dalam Postingan Dr. Zul  di akun Facebook miliknya, mengunggah Foto Nisa Pudu dalam sebuah Caption ‘’ Dompu itu Indah’’. Tulisnya.

Bagaimana tidak sejak dulu dompu sudah terlihat indah dan Menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik Lokal maupun Mancanegara. Karena itulah kehebatan Dompu dengan Potensi yang dimilikinya.(*)

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.