Panen Raya Jagung Desa Saneo Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu 2019
WARTADOMPU.com- Saat ini harga jagung di Kabupaten Dompu, Nusa Tengara Barat, berada diatas Rp. 4.000 lebih per-gk. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Dompu, Ilham,SP kepada Wartawan Saat memantau Perkembangan Pertumbuhan Tanaman Jagung di Kecamatan Manggelewa, Pasca diserang oleh hama ulat grayak minggu lalu. Sabtu (22/2/2020).

Kata ilham untuk harga jagung saat ini masih lumayan tinggi. Yakni diatas Rp. 4.000/kg.

‘’Semoga harga ini tetap bertahan dan bisa naik lagi nantinya’’ Tuturnya.

Untuk perkembangan tanaman jagung sendiri yang sebelumnya diserang oleh hama ulat  grayak. Ilham mengatakan perkembangannya sudah cukup baik.

Kondisi Tanaman Jagung di Kecamatan Manggelewa Pasca diserang OPT Ulat Grayak
Dari hasil Pantauan Kami beberapa hari ini, Perkembangan Jagung yang ada di Kecamatan Manggelewa   hari ini, Alhamdulillah semua sudah berkembang dengan baik.  Jelasnya.

Lebih lanjut Ilham mengatakan konsentrasi kita Kedepan adalah persiapan Calon Penerima dan Calon lahan (CPCL) untuk Musim Kering Pertama (MK 1 ).

Karena Permintaan Petani biasanya Bervariasi, ada yang minta Jagung, Kacang Hijau, Kacang Kedelai, Bawang dan jenis Tanaman lainya yang  harus segera kami Persiapkan di Dinas. Tutupnya.

Sebelumnya, hama ulat  grayak yang menyerang tanaman jagung petani di Dompu beberapa minggu yang lalu cukup menghawatirkan Petani.

133 Ha tanaman jagung milik petani di Dompu diserang oleh hama ulat  grayak, 6 Ha diserang hama keong emas.

Untuk Megantisipasi meluasnya serangan  hama organisme pengganggu tanaman (OPT), tersebut Pemerintah Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, telah merekomendasikan petani untuk menggunakan pestisida insektisida.

Beberapa daerah pertanian yang terkena dampak hama ulat grayat di dompu yakni di Kecamatan Manggelewa seluas 45 ha, Kecamatan Pekat 19 ha, Kecamatan Huu 18 ha, Kecamatan Kilo 14 ha, Kecamatan Woja 8 ha, Kecamatan Kempo 8 ha, Kecamatan Dompu 6 ha, dan Kecamatan Pajo 6 ha (*)

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.