Diduga Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Desa Dore Bara Selatan, salah sasaran.    Bantuan RTLH yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dipertanyakan oleh Masyarakat Desa Dore Bara selatan, yang sebelumnya didata sebagai calon Penerima Bantuan RTLH.     Pembahasan  APBDES  tahun Anggaran 2019  Pemerintah Desa Dorebara telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 125 juta melalui ADD dan DD TAHUN 2019,  untuk pembangunan RTLH Desa Dorebara.     Namun realisasi program tersebut dinilai oleh masyarakat  Desa Dorebara  tidak tepat sasaran karena nama-nama penerima manfaat  yang di ajukan oleh kepala dusun tidak di masukan dalam daraf verikasi  kelayakan  penerima manfaat.     Dan dimasukan nama calon penerima bantuan RTLH yang lain. Yang tidak masuk dalam daftar penerima RTLH.     Nama masyarakat yang sebelumnya telah diajukan untuk Mendapatkan Bantuan RTLH dari Pemerintah Desa Dorebara, melalui kepala dusun dore bara selatan yaitu, Ridwan (28) Warga Dusun Dorebara, Selatan. Nurdin M Ali (44), Warga Dusun Dorebara Selatan.  Ramadhoan (36) Warga Dusun Dorebara, Selatan.      Salah seorang masyarakat Desa Dorebara Selatan, yang tidak ingin disebutkan namanya ke Media ini, menyesalkan aksi pendataan diluar prosedur yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Dorebara.     Memberikan bantuan kemasyarakat yang mampu yang berstatus sebagai dosen di sebuah universitas perguruan tinggi di Dompu.     Besar bantuan RTLH perunit rumah yang diterima olehnya Rp. 8,333.000 juta rupiah tahun anggaran 2019.     Diantaranya, Yuli (30) Warga Dusun Dorebara, Selatan. Astina (29) Warga Dusun Dorebara, Selatan. Didi Suhardi (34) Warga Dusun Dorebara, Selatan.     Sekertaris Desa Dorebara Edy, yang diwawancarai oleh Wartawan, di Tempat Permainan Play Station di Dompu, mengatakan, Kebijakan pemberian bantuan RTLH kepada masyarakat yang tidak mampu, sudah sesuai prosedur, dan melalui tahap verifikasi RTLH.     Untuk  3 orang warga yang diajukan oleh kadus Dorebara selatan tersebut, kata dia, telah dipertimbangkan berbagai hal  pertimbangan.     Maka dari itu ke 3 orang tersebut belum memenuhi sarat untuk tahun ini, Tapi  insya Allah untuk tahun depan  akan kami  upayakan untuk mendapatkan anggaran yang volume nya  lebih besar untuk bantuan rehab rumah mereka di tahun mendatang. Jelasnya.     Edy yang diwawancarai oleh wartawan  saat bermain game, ditanya mengenai RTLH Anggaran tahun 2021, yang rencanannya akan dinaikan oleh pihak pemdes, menjawab "untuk lebih jelasnya coba konfirmasi kepada pak kades langsung, tapi saat ini kadesnya lagi dalam perjalan ke mataram’’
Kondisi Rumah Warga yang Tidak Mendapatkan Bantuan RTLH 
DOMPU,WARTADOMPU- Diduga Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Desa Dore Bara Selatan, salah sasaran.

Bantuan RTLH yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dipertanyakan oleh Masyarakat Desa Dore Bara selatan, yang sebelumnya didata sebagai calon Penerima Bantuan RTLH.

Pembahasan  APBDES  tahun Anggaran 2019  Pemerintah Desa Dorebara telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 125 juta melalui ADD dan DD TAHUN 2019,  untuk pembangunan RTLH Desa Dorebara.

Namun realisasi program tersebut dinilai oleh masyarakat  Desa Dorebara  tidak tepat sasaran karena nama-nama penerima manfaat  yang di ajukan oleh kepala dusun tidak di masukan dalam daraf verikasi  kelayakan  penerima manfaat.

Dan dimasukan nama calon penerima bantuan RTLH yang lain. Yang tidak masuk dalam daftar penerima RTLH.

Nama masyarakat yang sebelumnya telah diajukan untuk Mendapatkan Bantuan RTLH dari Pemerintah Desa Dorebara, melalui kepala dusun dore bara selatan yaitu, Ridwan (28) Warga Dusun Dorebara, Selatan. Nurdin M Ali (44), Warga Dusun Dorebara Selatan.  Ramadhoan (36) Warga Dusun Dorebara, Selatan.

 Salah seorang masyarakat Desa Dorebara Selatan, yang tidak ingin disebutkan namanya ke Media ini, menyesalkan aksi pendataan diluar prosedur yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Dorebara.

Memberikan bantuan kemasyarakat yang mampu yang berstatus sebagai dosen di sebuah universitas perguruan tinggi di Dompu.

Besar bantuan perunit rumah yang diterima oleh Penerima Bantuan RTLH Rp. 8,333.000 juta rupiah. Tahun anggaran 2019.

Diantaranya, Yuli (30) Warga Dusun Dorebara, Selatan. Astina (29) Warga Dusun Dorebara, Selatan. Didi Suhardi (34) Warga Dusun Dorebara, Selatan.

Sekertaris Desa Dorebara Edy, yang diwawancarai oleh Wartawan, di Tempat Permainan Play Station di Dompu, mengatakan, Kebijakan pemberian bantuan RTLH kepada masyarakat yang tidak mampu, sudah sesuai prosedur, dan melalui tahap verifikasi RTLH.

Untuk  3 orang warga yang diajukan oleh kadus Dorebara selatan tersebut, kata dia, telah dipertimbangkan berbagai hal  pertimbangan.

Maka dari itu ke 3 orang tersebut belum memenuhi sarat untuk tahun ini, Tapi  insya Allah untuk tahun depan  akan kami  upayakan untuk mendapatkan anggaran yang volume nya  lebih besar untuk bantuan rehab rumah mereka di tahun mendatang. Jelasnya.

Edy yang diwawancarai oleh wartawan  saat bermain Game Play Station, ditanya mengenai RTLH Anggaran tahun 2021, yang rencanannya akan dinaikan oleh pihak pemdes, menjawab "untuk lebih jelasnya coba konfirmasi kepada pak kades langsung, tapi saat ini kadesnya lagi dalam perjalan ke mataram’’ Tuturnya.(*)

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.