Jalan ekonomi pertanian desa baka jaya, kecamatan woja, kabupaten dompu, yang membutuhkan saluran air irigasi


Pertanian Salah Satu Sektor Yang Paling Maju Didompu-NTB Subsektor pertanian salah satu subsektor yang paling maju di kabupaten dompu, propinsi nusa tengara barat (NTB) saat ini. Khususnya dibidang pertanian Padi dan Jagung.  Sektor ini menjanjikan bagi  kehidupan petani didompu.  Untuk harus dipertahankan dengan baik.  Akses air yang lancar, menjadikan sektor pertanian padi mengalami kelebihan air diwaktu musim hujan, dan sulit keluar di areal pematangan sawah petani.  Dengan banyaknya jalan ekonomi yang dibangun saat ini, tentu sangat memudahkan para petani mengangkut hasil pertanian mereka. Untuk menunjang ketersediaan air irigasi yang cukup dan lancar bagi sawah petani, tata air irigasi harus diatur dengan baik. Salah satunya adalah  sarana penyaluran air irigasi seperti Drainase di sepanjang pematangan sawah jalan ekonomi yang dibuat. Hal ini untuk memastikan stok air irigasi disawah petani tersedia dan memudahkan air menyalur ketempat sawah lainnya.  Sarana irigasi merupakan sarana yang paling utama dalam dunia pertanian padi, sebagai penunjang air kebutuhan sawah petani.   Air lancar dan mudah dipindahkan akan menunjang peningkatan hasil produktivitas gabah panen padi petani di dompu.(*)  Jalan ekonomi pertanian desa baka jaya, kecamatan woja, kabupaten dompu, yang membutuhkan saluran air irigasi
Jalan ekonomi pertanian desa baka jaya, kecamatan woja, kabupaten dompu, yang membutuhkan saluran air irigasi
OLEH: KABAR PETANI
Subsektor pertanian salah satu subsektor yang paling  maju dan unggul di kabupaten dompu, propinsi nusa tengara barat (NTB) saat ini.

Khususnya dibidang pertanian Padi dan Jagung.

Sektor ini menjanjikan bagi  kehidupan petani didompu, yang  harus dipertahankan dengan baik.



Akses air yang lancar, menjadikan sektor pertanian padi mengalami kelebihan air diwaktu musim hujan, dan sulit keluar di areal pematangan sawah petani.

Dengan banyaknya jalan ekonomi yang dibangun saat ini, tentu sangat memudahkan para petani mengangkut hasil pertanian mereka.

Untuk menunjang ketersediaan air irigasi yang cukup dan lancar bagi sawah petani, tata air irigasi harus diatur dengan baik.

Salah satunya adalah  membangun sarana penyaluran air irigasi seperti Drainase di sepanjang pematangan sawah jalan ekonomi yang dibuat.

Hal ini untuk memastikan stok air irigasi disawah petani cukup dan memudahkan air untuk dialihkan kesawah petani lainnya.

Sarana irigasi merupakan sarana yang paling utama dalam dunia pertanian padi.

Air lancar dan mudah dipindahkan akan menunjang peningkatan hasil panen padi petani, untuk meningkatkan swasembada pangan didompu, maupun nasional.  (*)

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.