Pupuk Langkah, Daun dan Batang Tanaman Padi PETANI Terancam MERAH Peristiwa kelangkaaan pupuk tahun ini, dikeluhkan oleh sejumlah petani padi, yang berada di kabupaten dompu.  Dimana-mana pupuk tidak ada, para distributor  pupuk pun tidak menyimpan stok persediaan pupuk musim tanam yang sudah hampir satu bulan padi tumbuh disawah.  Efisiensi umur padi yang sudah berumur satu bulan, membutuhkan nutrisi pupuk yang diserapnya, agar pertumbuhan padi semakin produktif, kelak panen bisa berlimpah.  Hal ini membuat sejumlah petani dikabupaten dompu, merasa khawatir ditengah stok pupuk tidak ada, takut padi yang di tanam oleh petani mati memerah dilahan pertanian mereka. Menyikapi kelangkaan pupuk, para petani berharap pemerintah kabupaten dompu, untuk mengatur strategi dan upaya mendatangkan secapat mungkin pupuk dikabupaten dompu. Agar padi yang sudah ditanam yang sekarang berumur satu bulan bisa tumbuh hijau dilahan pertanian mereka.  Petani sejahtera, pemerintah bahagia, karena sejatinya bertani adalah untuk mencukupi kebutuhan swasembada pangan nasional. Petani kuat, negara kuat, petani pahlawan kedaulatan pangan (KabarPetani)
Gambar: Google
WARTADOMPU.COM-Peristiwa kelangkaaan pupuk tahun ini, dikeluhkan oleh sejumlah petani padi, yang berada di kabupaten dompu.

Dimana-mana pupuk tidak ada, termasuk  distributor  pupuk, sementara tanaman padi sudah berumur 30 hari atau satu bulan, dimana masa pemupukan dibutuhkan oleh padi.

Efisiensi umur padi yang sudah berumur satu bulan, membutuhkan nutrisi pupuk yang diserapnya, agar pertumbuhan padi semakin produktif, kelak panen bisa berlimpah.

Hal ini membuat sejumlah petani dikabupaten dompu, merasa khawatir ditengah stok pupuk tidak ada, takut padi yang di tanam oleh petani mati memerah dilahan pertanian mereka.

Menyikapi kelangkaan pupuk, para petani berharap pemerintah kabupaten dompu, untuk mengatur strategi dan upaya mendatangkan secapat mungkin pupuk dikabupaten dompu.

Agar padi yang sudah ditanam oleh petani  bisa tumbuh hijau diatas hamparan sawah lahan pertanian milik petani. 

Petani sejahtera, pemerintah bahagia, karena sejatinya bertani adalah untuk mencukupi kebutuhan  pangan nasional, agar roda kehidupan berbangsa, dan bernegara terus berputar.

Petani kuat, negara kuat, petani pahlawan kedaulatan pangan 

Penulis: KabarPetani 

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.