Deklarasi DAMAI Pemilihan Umum 2019, Ketua KPU Dompu Rusdyanto  Mari  Bersaing Secara Sehat,  Hindari Politik Uang, Sara, dan Hoax
Kegiatan yang digelar di aula kantor KPU Kabupaten itu dihadiri oleh Bupati, Kapolres, Dandim 1614/Dompu, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Bawaslu, Ketua PWI Kabupaten Dompu dan Pimpinan partai politik peserta pemilu.

WARTADOMPU.com—Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu, Rusdyanto dalam orasi demokrasinya mengatakan, Kita semua tentu memiliki komitmen yang sama untuk menyelenggarakan pemilu yang lebih baik, berintegritas dan bermartabat.

Komitmen itu perlu kita buatkan dalam satu naskah deklarasi yang nantinya ditandatangani bersama.

Bahwa komitmen yang tertuang dalam naskah deklarasi itu, bukan hanya dibacakan dan ditandatangani, namun yang perlu diambil adalah nilai dari komitmen tersebut, yang  merupakan kesepakatan bersama hasil koordinasi dengan semua partai politik peserta pemilu.

Komitmen damai pemilu yang telah disepakati dan akan kita baca dan tandatangani nantinya dapat di implementasikan di lapangan agar penyelenggaraan pemilu bisa berjalan dengan damai.

 Agar demokrasi yang kita selenggarakan adalah demokrasi untuk kemaslahatan umat. "Untuk itu mari kita bersaing secara sehat, kita hindari politik uang, politisasi sara, dan hoax." Tegas  Rusdy saat menyampaikan orasi Demokrasinya di Aula kantor KPU Dompu Minggu (23/9/2018).

Pada kesempatan yang sama, Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin meminta kepada semua peserta pemilu dan pemilih untuk bersama-sama menjaga kondusifitas daerah dengan melaksanakan proses pemilu dengan cara yang baik dan santun.

Pria yang akrab disapa HBY itu juga berharap kepada semua pihak agar komitmen bersama itu tidak sekedar dibaca dan di tandatangani, akan tetapi harus di terapkan dengan baik di tengah-tengah masyarakat. 

Ia juga mengajak untuk wujudkan dompu yang nggahi rawi pahu. "Insha Allah proses yang baik akan menghasilkan produk yang baik" ujarnya seraya menghimbau kepada FKPD agar tetap menjaga netralitasnya dan tidak memihak pada kelompok manapun.

Kegiatan yang digelar di aula kantor KPU Kabupaten itu dihadiri oleh Bupati, Kapolres, Dandim 1614/Dompu, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Bawaslu, Ketua PWI Kabupaten Dompu dan Pimpinan partai politik peserta pemilu.

Terdapat 4 (empat) point ikrar deklarasi yang telah dibacakan dan ditandatangani diantaranya pertama komitmen mewujudkan penyelenggaraan pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Kedua, menolak dan melawan politik uang, politisasi sara dan berita bohong (hoax) demi terselenggaranya pemilu yang berintegritas, bermartabat dan berkeadilan. Ketiga, menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanam pada setiap tahapan penyelenggaraan pemilu demi terpeliharanya persatuan dan kesatuan. Keempat, mentaati dan menyelesaikan setiap persoalan yang muncul melalui musyawarah atau jalur hukum sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Meski hujan lebat usai deklarasi, acara dilanjutkan dengan konvoi damai pemilu yang dikuti oleh pimpinan parpol peserta pemilu bersama calon anggota DPRD dan simpatisannya yang mengambil rute star dari kantor KPU Kabupaten Dompu menuju Woja, Mangglewa dan Finish di Kempo. (*)

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.