Pemerintah Beri Bantuan Rp 25-50 Juta Pembangunan Rumah Korban Gempa Lombok
Senin (13/8/2018) siang, setibanya dilombok utara, Presiden Jokowi Dodo menggelar rapat terbatas, ditenda pengungsian korban Gempa Lombok Utara.

MATARAM, WARTADOMPU.com—  Lebih dari 60.000 rumah warga rusak akibat gempa 7 skala Richter yang mengguncang Lombok Utara di NTB, pada Minggu (5/8/2018) hari lalu.

Senin (13/8/2018) siang, setibanya dilombok utara, Presiden Jokowi Dodo menggelar rapat terbatas, ditenda pengungsian korban Gempa Lombok Utara.

Dalam pertemuan tersebut presiden memastikan jumlah infrastruktur yang rusak sehingga dapat didistribusikan bantuan yang dibutuhkan.

Untuk setiap rumah yang rusak berat, pemerintah pusat menganggarkan bantuan sebesar Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta.

Rumah-rumah warga itu akan mereka bangun sendiri di bawah bimbingan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupa rumah tahan gempa, RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat). Kata Presiden Jokowi Dodo seperti dikutip akun facebook miliknya @jokowi, Selasa (14/8/2018).
 Bantuan bagi warga yang rumahnya rusak berat,  bantuan diserahkan mulai Selasa (14/8/2018).

RISHA adalah Rumah Knock Down yang pembangunannya cepat karena tidak membutuhkan Semen dan Bata.
Pemerintah Beri Bantuan Rp 25-50 Juta Pembangunan Rumah Korban Gempa Lombok
Foto Akun Facebook Presiden Jokowi Dodo, saat mengunjungi Kondisi terkini Gempa Lombok Utara

 Tapi hanya dengan menggabungkan panel-panel beton dengan baut.

 Sejak dikembangkan tahun 2004, sudah ratusan ribu unit RISHA didirikan di lebih dari 60 wilayah di Indonesia.

Termasuk kurang lebih 10.000 unit di Aceh yang dibangun Pasca Tsunami Desember 2004.

Bahkan di Lombok sendiri Lanjut Jokowi, sudah berdiri rumah contoh RISHA berupa Balai Dusun Akar-Akar Utara dan Sekolah Adat Bayan, Desa Karang Bajo di Lombok Utara, dan Rumah Susun Kayangan, Lombok Timur setinggi empat lantai.

 Semuanya masih utuh meski mengalami guncangan gempa 7 skala Richter, pekan lalu. Ungkapnya.

 Hari ini, saat saya masih berada di lokasi bencana, bantuan perbaikan atas rumah warga yang rusak itu mulai disalurkan secara bertahap. Tutur Presiden Ir. H. Jokowi Dodo Melalui Akun Facebook Miliknya yang diunggah Selasa (14/8/2018). (WDMTR)


Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.