Pemanfaatan DAS Sori Silo, Untuk Usaha Budidaya Ikan di Keramba Jaring Apung
Joni Muslimin, warga kampung siggi, saat ditemui oleh wartawan di tempat usaha budidaya ikan dikeramba kampung siggi, kelurahan karijawa.

WARTADOMPU.com— Sebanyak 300 ribu ekor, benih ikan nilem dan lele, dibudidayakan melalui sistim keramba jaring apu,  di daerah aliran sungai (DAS) sori silo, oleh pemuda kampung siggi, kelurahan, karijawa, kecamatan dompu, kabupaten dompu, propinsi nusa tengara barat (NTB).

Joni Muslimin, warga kampung siggi, saat ditemui oleh wartawan, mengatakan, adapun usaha budidaya ikan dikeramba ini, kata dia, terinspirasi dan termotivasi dari diri sendiri, dukungan dari kepala kelurahan karijawa, dan masyarakat yang ada dikampung siggi.

Terkait sumber anggaran sendiri, joni yang ditemui mengungkapkan, bersumber dari anggaran swadaya oleh anggota kelompok.

Untuk jumlah keramba yang sudah terisi ikannya, kata dia lebih kurang 40 sampai 50 keramba, dengan jenis ikan yang dibudidayakan yaitu Nilem dan Lele, lebih kurang 300 ribu ekor yang sudah dibudidayakan dikeramba jaring apung, sepanjang bantaran sungai sori silo, kampung siggi. Ujarnya.

Kegiatan ini, kata joni, berkat kerja sama  anggota kelompok, lurah karijawa, dan juga masyarakat kampung siggi.

Joni Menuturkan, Dilihat dari kemauan dan hasil kreatifitas anak muda karijawa, kami mengharapkan bantuan dari pemerintah setempat, untuk mendukung usaha budidaya ikan dikeramba ini oleh pemuda karijawa. 


Karena mengingat bibit ini kami dapatkan secara swadaya dari 3 kelompok yang terbentuk, dengan jumlah anggota lebih kurang 50 sampai 60  orang. Tutur Joni Muslimin yang ditemuai oleh wartawan dilokasi budidaya ikan dikeramba DAS sori silo, kampungg siggi, kelurahan karijawa, kecamatan dompu, Rabu (23/5/2018) pukul 14.34 wita. (ARD)
Wawancara Joni Muslimin, petani keramba jaring apung kelurahan karijawa

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.