Bupati Dompu Tutup Acara STQ Ke XXV Tingkat Kabupaten Dompu
Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin
WARTADOMPU.com—Acara Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke XXV Tingkat Kabupaten Dompu, resmi ditutup Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin kamis (10/5/2018) malam.

HBY pada kesemapatan yang sama, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen pemerintah dan juga masyarakat kabupaten dompu.

Lebih khusus Panitia Penyelenggara kegiatan STQ ke XXV Tingkat Kabupaten Dompu, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indondesia (Polri), Masyarakat Kecamatan Hu’u sebagai tuan rumah acara STQ ke XXV tingkat Kabupaten, Warga Desa Adu, Kecamatan Huu, Kabupaten Dompu, Propinsi Nusa Tengara Barat (NTB).

“Alhamdulillah STQ ke XXV tingkat kabupaten dompu, dapat kita laksanakan dengan aman dan lancar’’. Ujarnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, Kegiatan STQ selain untuk menyeleksi Qori/Qoriah dan Hafizd/Hafizdah terbaik untuk mewakili Kabupaten Dompu pada acara STQ Tingkat Provinsi di bulan November 2018 mendatang.

Juga bertujuan untuk menyiarkan Agama Islam ditengah-tengah masyarakat sesuai dengan Visi daerah yakni mewujudkan masyarakat Dompu yang Mandiri dan Religius.

Mandiri, Kata HBY adalah mewujudkan masyarakat Dompu yang bisa memenuhi kebutuhan hidup melalui usaha dan kerja kerasnya sendiri, sehingga ada kemajuan dan pertumbuhan ekonomi yang berdampak pada kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Dan

Religius, lanjut dia  memerlukan kerja keras dari seluruh elemen, salah satunya melalui STQ agar siar-siar agama Islam dapat tersampaikan di tengah-tengah masyarakat.

 “Mewujudkan siar agama di daerah ini, harus menjadi tanggung jawab moral kita semua’’ pungkasnya.

Pada kesemapatan yang sama, Ir. H. Moh. Rasyidin Suryadi, M.Si Asisten Pembangunan Ekonomi dan Kesra yang menjabat sebagai Ketua Panitia STQ ke XXV Tingkat Kabupaten Dompu menuturkan, STQ diikuti sebanyak 79 Kafilah di 8 kecamatan.

Pemda menyediakan hadiah dan dana pembinaan secara keseluruhan sebanyak Rp. 300 juta bagi kecamatan yang menjuarai STQ ini. 

STQ yang bertujuan untuk menyeleksi Qori/Qoriah Hafizd/Hafizdah terbaik Bumi Nggahi Rawi Pahu tersebut dilaksanakan dengan tiga mata lomba yakni Cabang Tilawah, Tahfis dan Cabang Tafsir.

 “Hanya peserta yang meraih juara satu yang akan menjadi Duta Kabupaten Dompu pada STQ tingkat Provinis NTB mendatang’’. Tuturnya.

Untuk penetapan para juara Qori/Qoriah Hafizd/Hafizdah Terbaik I, II, III dan Harapan sesuai keputusan Dewan Hakam Nomor : 3/DH-STQ-XXV/2018 dibacakan Drs. Solihin, SH, MH Sekretaris Dewan Hakam. Ujarnya.

Adapun  Cabang Tilawah tingkat Anak-anak untuk Qori kata dia, juara 1 diraih Moh. Ervan Fadilah utusan Kecamatan Dompu, juara 2 diraih Ahmad Sukarni utusan Kecamatan Pajo, juara 3 diraih Rangga Makaza utusan Kecamatan Manggelewa dan juara harapan Wahyudin dari Kecamatan Woja.

Untuk Qori’ah, juara 1 Nurul Akmal utusan Kecamatan Manggelewa, juara 2 ST. Hajar Kecamatan Woja, juara 3 Vita Rismawati Kecamatan Pajo, juara harapan Anggun Febriana dari Kecamatan Pajo.
Cabang Tilawah tingkat Dewasa, untuk Qori terbaik diraih Wais Al-Qarni utusan Kecamatan Woja, juara 2 Syamsurizal Kecamatan Dompu, Junaidin utusan Kecamatan Pekat dan Tamrujin dari Kecamatan Pajo meraih juara harapan.

Untuk Qori’ah, juara 1 diraih Nurahmi utusan Kecamatan Woja, disusul Enti Muhaimin Kecamatan Hu’u dan Reni Anggriani Kecamatan Kilo di urutan 3 dan Isratul Aini di juara harapan.

Pada Cabang Hifzil Qur’an Golongan 1 Juz dan Tilawah, untuk Hafizd juara 1 Moh. Kuniawan utusan Kecamatan Dompu, juara 2 Andika Pratama dari Pajo disusul Ikra Awaluddin Woja dan Hidayatullah Manggelewa juara harapan. Untuk Hafizdah juara 1 Nurfida Dompu, juara 2 Jaiatussuriana dari Pajo, Dwi Nacita Kilo juara 3 dan Asvira Syahraini juara harapan.

Cabang Hifzil Qur’an Golongan 5 Juz dan Tilawah, untuk Hafizd juara 1 Moh. Fadillah utusan Dompu, ke dua Anhar Zakariah dari Kecamatan Woja dan ke tiga Zulkarnain Manggelewa, sedangkan M. Hilmy Huawadi dari Hu’u meraih juara harapan. Untuk Hafizdah juara 1 Nurul Aulia dari Kempo, juara 2 Ningsih utusan Manggelewa, juara 3 Siti Ratna Desi dari Pajo dan juara harapan Rizka Wafirah dari Dompu.

Cabang Hifzil Qur’an Golongan 10 Juz dan Tilawah, untuk Hafizd juara 1 diraih Muhammad Faisal utusan Kecamatan Kilo , juara 2 Rajaalun dari Dompu, ke 3 Yusril Muhdar dari Manggelewa dan juara harapan Khaerunnas Ramadhan dari Hu’u. Sedang Hafizdah tidak ada juara 1 dan harapan, hanya juara 2 Titin Ruhyah utusan Manggelewa dan juara 3 Nur Atinah dari Kecamatan Hu’u.

Cabang Hifzil Qur’an Golongan 20 Juz dan Tilawah, untuk Hafizd juara 1 diraih Bayu Al Kausar utusan Kecamatan Kempo, juara 2 Firman Hidayat dari Kilo, juara 3 M. Gadhil dari Woja dan Muh. Tolhah dari Manggelewa meraih juara harapan. Untuk Hafizdah juara pertamnya tidak ada, sedangkan juara 2 Lesi Wahyu Lestina utusan Kecamatan Pajo, Diana Aprilida Kempo juara 3 dan Liana Susanti dari Manggelewa juara harapan.

Cabang Hifzil Qur’an Golongan 30 Juz dan Tilawah, untuk Hafizd juara 1 diraih Rian Syahril Hadi utusan Kecamatan Kilo, juara 2 Muh. Romadhaniyah dari Manggelewa. Bagus Andika Kahfi dari Woja meraiah juara 3 dan tidak ada juara harapan. Untuk Hafizdah, juara 1, 2 dan 3 tidak ada hanya Qomariah utusan Kecamatan Dompu yang meraih juara harapan. “Sedangkan juara Umum perorangan diraih Wais Al-Qarni utusan Kecamatan Woja. Sedangkan juara Umum Wilayah diraih Kecamatan Dompu,” ungkap Solihin.

Dari pantauan langsung redaksi wartadompu.com, acara tersebut berjalan dengan aman, lancar dan sukses walau arena STQ diterjang angin kencang. Namun, tidak menyurutkan niat para Undangan dan masyarakat Dompu untuk memeriahkan acara penutupan STQ ke XXV Tingkat Kabupaten Dompu tahun 2018. 

Acara yang berlangsung sejak tanggal 7 Mei hingga 9 Mei 2018,  di Lapangan Bola Desa Adu Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu ini resmi ditutup oleh Bupati Dompu. Acara berlagsung dengan aman dan lancar.

Acara penutupan STQ dihadiri oleh Sekertaris Daerah (Setda) Dompu, Pewarkilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKORPIMDA), Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Dompu,  Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), Camat,  Lurah/Kepala Desa se-Kabupaten Dompu, Dewan Hakam, Panitia Penyelenggara, Tokoh agama, Para alim ulama, Tokoh masyarakat, Generasi Muda, Tokoh wanita, Para Qori dan Qori’ah dan juga Jurnalis/wartawan. (ADV/WD.COM)

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.