Tahun 2018, Penyaluran Pupuk Bersubsidi Menggunakan E-RDKK Berbasis Online
Kegiatan Sosialisasi Penerepan Elektronik –Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-RDKK)  berbasis online dihalaman kantor pertanian dan perkebunan kabupaten dompu

WARTADOMPU.com--  Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Dompu, Selasa pagi (17/4/2018) sekitar pukul 09.00 wita, menggelar sosialisasi sistem penyaluran pupuk bersubsidi menggunakan kartu tani berbasis Elektronik –Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-RDKK)  berbasis online.

Kegiatan digelar di halaman dinas pertanian dan perkebunan kabupaten dompu, dihadiri oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPDT) Balai penyuluhan Pertanian (BPP) dan Juga Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sekabupaten dompu.

Dalam sambutannya, kadis distanbun dompu, Ir. H. Husni Thamrin, M.Si menjelaskan,  penyaluran pupuk bersubsidi dengan sistem E-RDKK berbasis online ini kata husni, sebuah metode baru yang diterapkan oleh pemerintah untuk mempermudah aspek pengawasan dan monitoring terhadap kegiatan penyaluran, dan pendistribusian  pupuk bersubsidi kepetani.

Dengan sistem Tiga T, yaitu tepat jumlah, tepat waktu, tepat mutu dan tepat harga.

Melalui penerapan E-RDKK berbasis online, Hal ini bisa mencegah penyalahgunaan pupuk bersubsidi. Tahun 2018 semua E-RDKK sudah tersusun dengan baik. Harap Husni.

Contoh E-RDKK Kelompok Tani Berbasis Online

Dengan menggunakan E-RDKK, lanjut dia, data mudah dipantau dan bisa dimonitoring ‘’ penyaluran pupuk bersubsidi akan tersalurkan kepada petani yang benar benar membutuhkan’’ pungkasnya.

Diharapkan seluruh UPTD BPP dari Seluruh kecamatan se kabupaten Dompu dapat mengikuti prosedur, untuk kemudian diimplementasikan di wilayah kerja masing-masing.

Secara umum manfaat kemudahan dari sistem E-RDKK yakni, updating penyusunan E-RDKK dapat dimonitoring, sebagai data base bagi kementerian, membantu perencanaan alokasi pupuk agar lebih tepat sasaran, dan membantu kebijakan pupuk bersubsidi.

Data E-RDKK juga sebagai komponen dasar atau syarat wajib dalam penyaluran pupuk bersubsidi di tingkat petani atau kelompok tani.

Apabila E-RDKK dituangkan dalam bentuk online atau tersistem oleh Kementerian Pertanian hal ini akan memudahkan proses pengendalian, penebusan dan penyaluran pupuk subsidi melalui distributor maupun melalui kios pengecer. Tandasnya.  (BF84)

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.