Sebanyak 5000 Ribu Hektar Kacang Hijau di Tanam di Arel Puncak Jokowi Daerah Pertanian Kampasi Meci Dompu
Kepala Distanbun Kabupaten Dompu Ir. H. Husni Thamrin, M.Si yang didampingi oleh Kabid TP, dan Juga Kabid PLA dan Staf Teknis Distanbun Dompu tengah meninjau lokasi penanaman kacang hijau di desa kampasi meci, kecamatan manggelewa kabupaten dompu

Wartadompu.com—Pemerintah kabupaten dompu, melalui dinas pertanian dan perkebunan (Distanbun) kabupaten dompu, telah merilis kegiatan baru dibidang pertanian dan tanaman pangan dikabupaten dompu.

Yakni, Konversi tanaman atau penggantian tanaman yang sudah ada dengan tanaman lain, misalnya dari jagung menjadi kacang hijau.

Hal ini dilakukan untuk memanfaatkan sisa air hujan dengan menanam komoditas tanaman yang sedikit membutuhkan air.

Kepada wartadompu.com, Kepala Distanbun Dompu melalui pejabat yang mewakili, yakni Kabid TP Syahrul Ramadhan menyatakan, Secara teknis kacang hijau adalah tanaman yang sedikit membutuhkan air, akan menjadi trend tanam sepanjang tahun. Dengan memanfaatkan sisa air hujan.

Sebanyak 5000 Ribu Hektar Kacang Hijau di Tanam di Arel Puncak Jokowi Daerah Pertanian Kampasi Meci Dompu
Kegiatan peninjaun lokasi juga di lakukan bersama Kementan RI Melalui Dirjen Tanaman Pangan, yang didampingi oleh Sekda Dompu H. Agus Bukhari, SH, M.Si beserta staf ahli lainnya.

Dengan kandungan hara plus pupuk sisa jagung kata Syahrul, akan memberikan nilai tambah bagi kesuburan tanaman kacang hijau untuk petani kita. Ucapnya.

Umur kacang hijau yang sudah ditanam oleh petani saat ini, rata-rata sudah 1 bulan, dan ada juga yang baru 2 minggu.

Dalam waktu  60 sampai 80 hari kedepan, insya allah kacang hijau milik petani sudah bisa dipanen dan menghasilkan uang. Ungkapnya.

Lebih lanjut syahrul menjelaskan,  Perkiraan luas tanam lebih kurang 5000 ribu Hektar, pada lahan  bekas tanaman jagung diareal puncak Jokowi.

Karena sifat dan karakteristik kacang hijau yang cenderung subur pada daerah tropis dan kaya unsur hara, maka sangat cocok pertumbuhannya di kabupaten dompu, terutama daerah kampasi meci yang kaya unsur hara. Tuturnya.

Sedangkan untuk beberapa klaster (cluster) komoditas lainnya, ujar dia, seperti kacang kadalei tidak sedikit yang menanamnya juga. Begitu pula jagung yang daerahnya memiliki ketersediaan air yang cukup.

 ‘’ semua ini mengikuti siklus pola tanam dalam rangka memutus siklus hama dan juga memanfaatkan sisa air hujan’’ jelas Kabid Tanaman Pangan Syahrul Ramdhan kepada wartadompu.com Sabtu (28/4/18) pukul 14.45 wita sore.

Sebanyak 5000 Ribu Hektar Kacang Hijau di Tanam di Arel Puncak Jokowi Daerah Pertanian Kampasi Meci Dompu
Kadis Pertanian dan Perkebunan Dompu Ir. H. Husni Thamrin, M.Si saat menunjukan luas arael  tanaman kacang hijau di desa kampasi meci, kecamatan manggelewa

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.