Pemkab Dompu, Kembangkan Potensi Tembakau Virginia di Manggelewa dan Pekat
Kepala Bidang Tanaman Perkebunan Distanbun Dompu, Abdul Khair, S.Hut yang diwawancarai oleh wartadompu.com diruang kerjanya senin (9/4/18)


WARTADOMPU—Tiga program prioritas pemerintah kabupaten dompu, melalui dinas pertanian dan perkebunan (Distanbun), dompu, yang dilaksanakan oleh bidang teknis bagian tanaman perkebunan distanbun dompu tahun 2018, yakni, pertama, program pengembangan intensifikasi dan peremajaan tanaman perkebunan jambu mete seluas 390 Ha.

Yang dibagi, 200 Ha untuk program peremajaan jambut mete, dan 190 Ha untuk program intensifikasi tanaman perkebunan  jambu mete. Sumber dana berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2018.

Kedua, program pengembangan lahan tebu 1000 Ha, dari direktorat jenderal tanaman perkebunan (dirjenbun) kementerian pertanian pusat. Yakni 100 ha untuk tebu giling, dan 125 Ha untuk kebun benih datar (KBD), sumber anggaran berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) Tahun 2018, yang dikelola oleh bidang teknis tanaman perkebunan distanbun dompu, melalui kabid tanaman perkebunan Abdul khair, S.Hut.

Berikut atau ketiga, yaitu peningkatan produksi tembakau virginia, 65 Ha yang di budidayakan  di dua kecamatan di kabupaten dompu, yakni 35 ha di kecamatan manggelewa dan 30 ha di kecamatan pekat. Sumber dana dari alokasi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun 2018. Ujar abdul khair.
program pengembangan tanaman perkebunan lainnya, kata dia, yaitu peningkatan intensifikasi sarana produksi dan produktifitas kopi robusta diwilayah kopi tambora, melalui kegaiatan feromon untuk mendatangkan satwa luwak di wilayah kopi tambora.

Meski ditahun 2018 tidak ada kegiatan pengembangan lanjutan, namun di tahun sebelumnya  ada. Tukasnya.

Jadi 3 komiditi ini yang kita  kembangkan di dompu tahun ini adalah betul-betul komoditi yang menjanjikan untuk kesejahteraan petani.
Untuk itu kami berharap petani dapat bersungguh-sungguh untuk meningkatkan produktifitas pada hasil tanaman perkebunan untuk kesejahteraan petani. Harapnya.

  Jadi jelas didalam tembakau itu, kita mengembangkan tembakau virginia, tembakau ini tembakau berpoteni sekali, dan pada umumnya di ntb  komoditi ini adalah komoditi yang menjadi harapan kita bersama. Terangnya.

Untuk  komoditi tanaman perkebunan  lainnya yang tidak ada tahun ini, adalah kelapa, kakao ‘’ tidak ada’’ tegasnya.

jadi kami di dinas pertanian dan perkebunan dompu ini, khususnya di bidang tanaman perkebunan, hanya ada tiga komodiiti yang mendapatkan pengembangan dari dana APBN dan juga APBD melalui direktorat jenderal perkebunan, dengan tugas pembantuan pada dinas propinsi nusa tengara barat (NTB) Tahun ini 2018. Jelasnya.

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.