Musim Tanam Tembakau 2018, Sejumlah Petani Tembakau Desa Owo Siapkan Persemaian
Umar salah seorang anggota kelompok tani tembakau dusun padakana desa owo kecamatan pajo yang ditemui oleh wartadompu.com dilokasi tempat persemaian bibit tembakau desa woko
WARTADOMPU.COM—Memasuki musim tanam tembakau tahun 2018, sejumlah kelompok tani tembakau di dusun padakana, desa woko, kecamatan pajo, kabupaten dompu-NTB, tengah menyiapkan tempat persemaian.

Pantaun langsung media ini, rata-rata umur tembakau yang ditaburi baru berusia 6 hari, sampai 7 hari. ‘’ Tinggal 25 hari lagi tembakau bisa di tanam ‘’ kata umar salah seorang petani tembakau yang ditemui oleh wartadompu.com dilokasi persemaian bibit tembakau di dusun padakana, Blok A desa owo, kecamatan pajo, kabupaten dompu sabtu (7/4/18) sekitar pukul 14.21 wita.

Untuk persediaan areal tanah penanaman tembakau, ia mengatakan lebih kurang 50 are. ‘’ tanah gadai untuk satu kali tanam yang didapatkan dari tetangga ‘’ ujarnya.

50 are areal tanaman tembakau, bisa mengahasilkan uang sebesar rp. 23 juta rupiah persatu kali panen.

Cuman tembakau sangat rawan dengan kerusakan, satu kali hujan saja daunya bisa tergulung, dan menguning lalu mati. ‘’ lebih baik kita capek nyiram dari pada disiram hujan ‘’ terangnya.

Bantuan bibit sendiri kami dapatkan dari pemerintah kabupaten dompu, melalui usaha kelompok petani tembakau dari dinas pertanian dompu. tuturnya.

Untuk pemasaran sendiri lanjut dia, kami bisa jual di desa lanci, kecamatan manggelewa, kabupaten dompu, ditempat perusahaan pembeli tembakau. Pungkasnya.

Selain di Blok A persemaian bibit tembakau juga dilakukan oleh kelompok tani di Blok B desa yang sama dusun rahmat.


Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.