Ratusan Rumah di Dompu Terendam Air Banjir
Situasi Banjir Kelurahan Potu Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu/Foto : Wartadompu.com

WARTADOMPU.COM- Hujan Deras Yang Mengguyur Kota Dompu Senin (5/3/18) Mulai Pukul 15.10 Wita Sampai  Pukul  17.20 Wita Sore, Mengakibatkan Sejumlah Titik  Perkampungan Masyarakat Kabupaten Dompu Propinsi Nusa Tengara Barat (NTB) Terendam Air Banjir.

Beberepa Desa dan Kelurahan yang terendam air banjir dikabupaten dompu yaitu,  Desa Kereka Kecamatan Dompu, Pelita, Mangenda, dan Kelurahan Potu Kecamatan Dompu.

Sedangkan untuk Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Kelurahan Simpasai, Kelurahan Kandai Dua, Kelurahan Monta Baru dan terakhir Desa Wawonduru Kecamatan Woja.

Dari 8 titik banjir di Desa/Kelurahan tersebut, kata Mahfud, yang terparah adalah Kelurahan Potu Kecamatan Dompu. ‘’ ini baru data sementara ya, kami lagi menunggu data terbaru dari hasil pantauan anggota’’ Tutur Mahfud, S.Sos saat diwawancarai oleh wartadompu.com dilokasi banjir kelurahan potu sori wono Senin (5/3/18) Sampai  Pukul  17.20 Wita.

Adapun ketinggian air banjir, mahfud mengatakan 3 meter dari pinggir dan 9, sampai 10 meter kedalam badan  sungai.

Ditanya mengenai jumlah kerugian akibat banjir, ia menerangkan pihaknya belum bisa memastikan berapa kerugian dan jumlah rumah yang terendam akibat banjir. ‘’ kami belum bisa memastikan berapa kerugian dan jumlah rumah yang terendam air banjir, ini sudah malam pak, yang kami lakukan saat ini, bagaimana melakukan evakuasi dan pengungsian terhadap korban banjir’’ Tegas Mahfud.

Kaitan dengan verifikasi dan segala macam itu besok. ‘’ untuk saat ini kami sedang mengupayakan bagaimana masyarakat bisa makan itu poin’’Pungkasnya.


Mahfud, S.Sos Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu/ Foto : Wartadompu.com
Kesimpulan yang kita mau ambil ini, apakah dibuka dapur umum atau bagimana, hasil konfirmasi  dengan pak lurah. Pak lurah bilang  untuk sementara masyarakat di belikan nasi dulu karena belum bisa membuatkan dapur umum. Terang Mahfud.

Terkait banjir, kata dia, beberapa menit yang lalu, pimpinan kita sudah melaporkan ke bapak bupati, bahkan kita sudah melaporkan ke pusat. ‘’ ini barusan masuk laporan ke pusat ‘’ Imbuhnya.

Terkait kerugian, dan berapa rumah yang terendam banjir itu besok, kami belum bisa memastikan berapa kerugian dan jumlah rumah yang terendam banjir’ Jelas Mahfud Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saat diwawancarai oleh wartadompu.com di lokasi banjir sori wono kelurahan potu kecamatan dompu kabupaten dompu, senin (5/3/18) pukul 18.58 wita.

Dari pantauan warta dompu, beberapa Tim yang turun dilokasi banjir yaitu, Gegana, Kepolisian dan juga TNI.

Tim Gabungan Menyiapakan Perahu Karet Untuk Evakuasi Korban Banjir di Potu
Hingga berita ini diturunkan, mengenai jumlah kerugian dan banyaknya rumah yang terendam banjir belum diketahui.

Tidak ada korban jiwa dalam banjir tersebut, kendati demikian,  mahfud mengatakan '' banjir kali ini paling besar dari sebelumnya'' Tuturnya.

Akibat Banjir, di duga masyarakat mengalami kerugian ratusan juta rupiah, banjir juga mengakibatkan arus lalulintas menjadi macet.

Dari Pantaun langsung warta dompu di lokasi banjir, puluhan masyarakat melakukan aksi penyelematan barang milik mereka seperti pakain, surat-surat penting, dan juga perabot rumah tangga, dan tempat tidur.

Sementara yang tidak berhasil diselamatkan hanyut terbawa arus banjir. Kondisi seperti ini bukan kali pertama terjadi di dompu. Banjir kerap menjadi langganan masyarakat setiap tahun tperalihan musim, dari kemarau ke musim hujan.

 Berikut Beberapa Titik Lokasi Banjir yang berhasil di diperoleh media ini dilapangan sore tadi.

Luapan Air Banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) Rababalaju Kecamatan Dompu


Banjir Pelita Ketinggian Air lebih kurang 2 meter


Akibat hujan, juga mengakibatkan tanah longsor di DAS Sori Nae Desa Mangge Nae Kecamatan Dompu. Yang Berdamapak Ambruknya Bronjong Lebih kurang sepanjang 50 meter di DAS Tersebut.

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.