Petani Hortikultura Desa Mbawi, Butuh Tractor dan Mesin Pompa Air
Gapoktan Mbawi Bekerja Binaan Inaker Dompu
WARTADOMPU.COM—luas lahan yang kini digarap oleh gabungan kelompok tani (gapoktan) mbawi bekerja, binaan Indonesia Kerja (Inaker) dompu, lebih kurang mencapai 100 ha. untuk 5 Gapoktan dengan keanggotaan yang sudah mencapai 75 orang. kata sarif.

Beberapa jenis komiditi tanaman hortikultura yang di budidayakan ungkapnya , yakni timun, tomat, kacang panjang, kubis, cabe, melon, dan juga bawang merah.

Kendala yang kini dihadapi oleh petani,lanjut dia,  yaitu minimnya sarana penunjang produksi seperti alat bajak (tractor) dan juga mesin pompa air. Tutur syarifuddin ketua Inaker Cabang Dompu pada kamis (29/3/2018) pukul 16.00 wita sore.


Di desa mbawi sendiri, ujarnya  saat ini menjadi pusat hortikultura terbesar di kabupaten dompu, tidak heran jika kabupaten lain datang membeli hasil pertanian disini. '' cuman itu tadi kendala yang masih dihadapi oleh patani kita disini adalah masalah alat bajak dan juga mesin pompa air '' imbuhnya.

Keluhan lain yang datang dari salah seorang petani hortikultura Ilyas yaitu mengenai obat-obatan dan juga analisis harga pasar yang sekiranya bisa diperhatikan oleh pemda setempat.

Ilyas berharap ada peningkatan bobot harga yang memadai yang diatur oleh pemerintah kabupaten dompu terkait harga komiditi hortikultura. Selain itu juga persediaan pupuk dan obat-obatan terjangkau dengan baik, murah, dan paten. ujarnya.

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.