KNPI Dompu Bantu Korban Banjir
Ketua KNPI Dompu Rihul Rahman, ST (Kiri) saat menerima bantuan dari komunitas kota bima (kanan) di posko peduli banjir Gedung Pemuda Dompu
WARTADOMPU.COM- Musibah banjir yang terjadi di kabupaten dompu senin (5/3/2018), mengakibatkan 1.418 rumah di dua kecamatan yang ada di kabupaten, propinsi nusa tengara barat (NTB) terendam air banjir.

Dari data yang diperoleh wartadompu.com, masing-masing rumah mengalami kerusakan ringan, dan sedang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. 

Kendati demikian, kerugian akibat banjir di dompu hari yang lalu, di tafsirkan mencapai satu miliar. Kata kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu, Drs H. Imran M. Hasan kepada wartadompu.com.

Selain itu, banjir  yang menerjang masuk perkampungan masyarakat, adalah banjir yang paling besar sepanjang tahun. Ujar Mahfud, S.Sos Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Dompu, saat di wawancarai dilokasi banjir di lingkungan sori wono kelurahan potu belum lama ini.

Banjir yang diakibatkan oleh meluapnya air sungai laju, akibat Daerah Aliran Sungai (DAS) mengalami penyempitan dan dangkal, hingga keluar diatas bantaran sungai dan masuk kerumah warga.

Berbagai pihak ikut andil, untuk membantu korban banjir di dompu, tak ketinggalan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Dompu, sejak hari pertama peristiwa banjir, hingga masuk hari kelima sekarang ini, masih terus membangun senirgisitas dan menggalang kekuatan untuk korban banjir.

Salah satunya adalah, membuka posko peduli korban banjir yang langsung dibukanya di sekretariat Gedung Pemuda KNPI Dompu dan menyalurkan bantuan untuk korban banjir.

Ketua KNPI Dompu, Rihul Rahman ST yang ditemui oleh wartadompu.com di posko peduli korban banjir dompu, Rabu (7/3/2018) sekitar pukul 22.14 wita,  mengatakan bahwa ‘’ kegiatan ini merupakan kegiatan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kami terhadap masyarakat yang mengalami musibah banjir di kabupaten dompu’’. kata Rihul.

 Beberapa titik bantuan yang sudah kami distribusikan  untuk korban banjir kata rihul yaitu, lingkungan pelita kelurahan bada, lingkungan  magenda, lingkungan soriwono, lingkungan rababa laju kelurahan potu kecamatan dompu. ‘’ sementara di kecamatan woja, di kelurahan kandai dua dan desa wawonduru ‘’ tuturnya.

Beberapa jenis bantuan yang kami berikan kepada korban banjir, lanjut Rihul yaitu berupa sembilan bahan pokok (sembako) kebutuhan masyarakat seperti beras, minyak tanah, mie instan, gula, kopi, dan aneka snack.

Selain itu ada juga perlengkapan mandi dan juga mencuci seperti sabun mandi, sabun cuci, pakaian, perlengkapan anak, alat memasak, dan lain-lain. Jelas rihul.

Bantuan itu kami salurkan, pada hari selasa/6/3/2018, dan di lanjutkan dengan berbagai kegiatan sosial lainnya seperti pembersihan rumah korban banjir dan berbagi kecerian dengan anak-anak sekolah.

Kegiatan sosial KNPI Dompu, di bantu oleh komunitas dan organisasi yang ada di bima dan dompu seperti  pramuka,paskibraka, forum karang taruna kab.Dompu,pelajar dan pemda. Ungkapnya.

Sementara Sekjen KNPI Edyson Sangaji SH, memgatakan, kegiatan peduli banjir KNPI selalu siap untuk memberikan kontribusi yang terbaik kepada masyarakat yang mengalami musibah banjir.

‘’ Bantuan sudah kami salurkan secara langsung kepada masyarakat, tidak saja bantuan yang kami berikan melainkan juga ikut membersihkan rumah warga dan sekolah, salah satunya yaitu SDN 8 Dompu’’.

Di SDN 8 Dompu, kami berbagai kecerian dengan anak-anak, memotivasi dan juga bimbingan kepada anak-anak, agar tidak terjadi trauma psikologis yang di alami oleh sang anak akibat banjir.

Untuk bantuan kami akan terus mendistribusikan kepada korban banjir,  sore ini jumat (9/3/2018) pukul 14.10 wita, kami sedang melakukan rapat menentukan titik lokasi mana saja yang kami tuju bersama relawan kabupaten bima dan kota bima ini. ‘’ ini lagi persiapan dan menentukan titik pendistribusian bantuan untuk korban banjir sore ini ’’ ucap sekertaris KNPI Dompu Edyson Sangaji SH, kepada wartadompu.com saat ditemui di Sekretariat Peduli korban banjir dompu di gedung Pemuda Dompu sore ini. (BEM)

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.