Fahrrurozi : Jumlah Lansia di Dompu Tak Sebanding Dengan Jumlah APBD
Kadis Dinsos Ir. Fahrrurozi Saat memberikan bantuan kepada dua lansia di dompu

WARTADOMPU.COM—Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Dompu, Ir. H. Fahrrurozi, yang di wawancarai oleh wartadompu.com saat memberikan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) kepada masyarakat usia terlantar (LUT) belum lama ini di 6 kecamatan yang ada dikabupaten dompu rabu (28/3/2018) pukul 10.15 wita pagi, mengatakan, sebanyak 40 Lansia di dompu, di tri wulan pertama tahun 2018, menerima bantuan dari Dinsos Kabupaten Dompu.

Bantuan sembako berupa beras, 15 kg, gula 1 kg, kopi 1 kg, susu 2 kaleng, dan selimut, diberikan kepada mereka yang sudah lanjut usia. '' selain sembako, bantuan juga diberikan dalam bentuk uang tunai ''  Ujarnya.

Program bantuan sembako kepada masyarakat yang sudah lanjut usia ini, kata Rozi, merupakan tindak lanjut dari amanat Undang-undang no. 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosioal dan juga  Peraturan pemerintah nomor 43 Tahun 2004 tentang upaya upaya peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia. 

Pemberian bantuan akan dilakukan selama 12 bulan. ‘’ meski jumlah lansia dengan jumlah APBD tak sebanding,  kami berkomitmen untuk tetap memberikan yang terbaik bagi  masyarakat sesuai dengan kemampuan anggaran yang tersedia’’ ujarnya.

Program LUT sendiri, lanjut dia, adalah salah satu kebijakan pemerintah untuk memberikan perhatian dan perlindungan sosial terhadap masyarakat. sehingga mampu memeliharan taraf kesejahteraan sosialnya.

Kriteria lanjut usia sendiri,  kata Rozi menurut kementerian sosial RI yaitu, Yang telah berusia 60 Tahun keatas, mengalami keterlantaran dan tidak ada yang mengurus,  miskin,  tidak memiliki kemampuan baik fisik maupun ekonomi, Tidak mendapatkan pension, tidak memiliki asset, dan tidak dapat memenuhi kebutuhan. Jelasnya.

Bantuan diawali dengan monitoring dan pendataan dilapangan yang dilakukan oleh pegawai Dinas Sosial Kabupaten Dompu bersama Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang ada dimasing-masing kecamatan dengan prioritas lanjut usia terlantar dan tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari. Yang kemudian di usulkan kepada bupati dompu. terangnya.

Hamila (70) warga kelurahan kandai dua timur, kecamatan woja, kabupaten dompu, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Dompu yang telah  memberikan bantuan kepadanya. Kepada wartadompu.ccom hamila yang diwawancarai merasa senang atas bantuan tersebut. ‘’ ia senang dan saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten dompu ‘’ .tutur  nenek paruh baya ini  usai menerima bantuan dari Dinsos.

Sementara itu, Abbas (72) seorang kakek lansia, warga  desa wawonduru, dusun bolonduru, kecamatan woja, kabupaten dompu juga menyampaikan hal yang sama kepada pemerintah daerah.

 " saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas bantuan berupa sembako yang di berikan oleh dinas sosial Kabupaten Dompu’’ kata kakek 72 tahun ini, kepada wartadompu.com

Pada kegiatan tersebut, turut hadir perwakilan dua orang ibu Dharma wanita Kabupaten dan Gabungan Orang Wanita (GOW) Kabupaten Dompu. (BF.84)


Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.