Desa Ranggo Banjir, Dua Rumah Rusak Parah
Sekertaris desa Dedi Purwanto, SP.d yang ditemui di kantor desa ranggo/ Foto : Warta Dompu
WARTADOMPU.COM—Hujan yang mengguyur wilayah kota dompu tepatnya di bagian selatan desa ranggo kecamatan dompu kabupaten dompu propinsi nusa tengara barat (NTB) senin (12/3/2018) pukul 15.1 wita sore, mengakibatkan dua unit rumah di dusun mangga dua desa ranggo rusak parah,  dan puluhan lainnya terendam.

Kepala desa ranggo, melalui sekertaris desa Dedi Purwanto, SP.d yang ditemui di kantor desa ranggo selasa ( 13/3/2018) pukul 11.47 wita, mengatakan, banjir disebabkan oleh luapan air yang turun dari  atas gunung, ujung mangga dua,turun kebawah, dan masuk lewat jalur sungai sori larand dusun mangga dua desa ranggo, kecamatan pajo.

Selain itu, kata Dedi,  banjir juga disebabkan oleh berkurangya pohon kayu dari atas gunung, sehingga air banjir meluap masuk keperkampungan masyarakat yang ada di dusun mangga dua. '' hujan itu gak sampai 40 menit, yang gak kena di ranggo, cuman yang diatas besar '' terangnya.

Adapun jumlah rumah yang terdampar akibat banjir kata dia, sekitar 30 unit rumah, dan yang terendam lebih kurang 20 unit rumah ‘’ dua diantaranya rusak parah’’ jelasnya.

Desa Ranggo Banjir, Dua Rumah Rusak Parah!
Masyarakat desa ranggo yang terkena dampak banjir saat ditemui di kantor desa ranggo

Selain rumah yang rusak, dua ternak besar juga ikut hanyut terbawa arus banjir, hingga tewas.

Mengenai kerugian, pihak desa ranggo belum mendata  secara resmi berapa kerugian masyarakat akibat banjir, serta kepastian  jumlah rumah yang terendam banjir.

Banjir juga diakibatkan oleh jebolnya tanggul penahan air, sehingga mengakibatkan dua jembatan jalan ekonomi dan jembatan kuburan fupu di desa ranggo retak.  

Peristiwa banjir di desa ranggo, kata dedi,  ibarat hujan di bogor tapi banjir di jakarta ‘’ seperti itu yang terjadi’’ tuturnya.

Desa Ranggo Banjir, Dua Rumah Rusak Parah!
Kantor Desa Ranggo Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu


Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.