Desa Mbawi Pusat Hortikultura Terbesar di Kabupaten Dompu
Ketua Inaker Dompu Bersama 5 Gapoktan Mbawi Bekerja

 WARTADOMPU.COM—Desa Mbawi, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Propinsi Nusa Tengara Barat (NTB), satu-satunya desa yang kini menjadi pusat budidaya hortikultura terbesar di kabupaten dompu.

Beberapa jenis komoditi hortikultura yang tersedia saat ini yaitu, Bawang merah, Tomat, Cabe, Kacang Panjang, Kol atau Kubis, Sawi, Timun, Semangka dan juga Melon.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua INAKER Cabang Dompu, Syarifuddin, yang ditemui oleh wartadompu.com dilokasi pusat hortikultura di dusun mpungga, desa mbawi, kecamatan dompu, kabupaten dompu, propinsi nusa tengara barat (NTB) pada kamis (29/3/2018) pukul 16.00 wita sore.

 Sarif mengatakan, Luas areal tanaman hortikultura yang tersedia saat ini di dusun mpungga, desa mbawi, lebih kurang 100 Ha, yang di garap oleh 5 gabungan kelompok tani binaan Inaker Cabang Dompu, dengan anggota kelompok 75 orang.

Bidang hortikultura sendiri kata sarif, petani bisa mendapatkan lebih kurang 18 juta rupiah dalam tiga bulan masa panen. '' keuntungan ini luar biasa sekali dirasakan oleh petani hortikultura di sini'' tuturnya.
Desa Mbawi Pusat Hortikultura Terbesar di Kabupaten Dompu
Budidaya tanaman tomat di desa mbawi dusun mpungga, binaan Inaker Dompu

Untuk menunjang kegiatan tersebut, besar harapan kami pemerintah kabupaten dompu, dapat memberikan bantuan berupa unit hand tractor untuk mengolah lahan, dan juga mesin pompa air untuk megairi lahan pertanian petani hortikultura, khususnya yang ada di desa mbawi, dusun mpungga. Ujarnya.

Dalam upaya meningkatkan kemandirian petani, Inaker dompu akan terus melakukan pendampingan dan kegiatan pelatihan kepada 75 anggota binaan inaker di desa mbawi dusun mpungga.

Desa Mbawi Pusat Hortikultura Terbesar di Kabupaten Dompu
 Proses Persemaian Bibit Kubis 

Untuk melakukan bididaya sayuran secara optimal petani harsu bisa menentukan komoditi yang tepat untuk ditanam, yang  di sesuai dengan kondisi musim dan pangsa pasar. pungkasnya.

Desa Mbawi Pusat Hortikultura Terbesar di Kabupaten Dompu
Tanaman Cabe  
Perlindungan petani adalah segala upaya untuk membantu petani dalam menghadapi permaslahan kesulitan dalam memperoleh prasarana dan sarana produksi, kepastian usaha, resiko harga, kegagalan panen, praktik ekonomi biaya tinggi dan perubahan iklim. Ujar sarif  (wd/dompu)

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.