Suasana Rapat Yang Berlangsung di Gedung DPR Dompu, di Hujani Interupsi,  Ketua DPR, Inspektur Inspektorat, Kadis BPMPD dan Kabag Humas Tidak Hadir Rapat Jadi Ricuh,Rabu (14/2/18)
WARTADOMPU.COM- Rapat Kordinasi yang di hadiri oleh 33 Kepala Desa Baru yang berlangsung di Gedung Kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten Dompu Propinsi Nusa Tengara Barat (NTB) Ricuh. 

Pasalnya, Kepala Dinas (Kadis) di Masing-masing Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) yang di undang,  satupun tidak ada yang hadir. Selain Kadis Ketua DPR Dompu Pun terlihat tidak berada ditengah kawanan DPR Lainnya yang hadir.  Akibatnya Rapat Kordinasi pun terlihat Ricuh dan Riuk.

Sorak sorai dan suara tepuk tangan para kades yang hadir, sesekali suara keras yang keluar dari mulut kades lain, menambah semangat berlangsungnya rapat di gedung DPR.

Tak jarang suara keras bisa di akomodir oleh DPR lantaran materi yang disampaikan oleh mereka (kades) itu-itu saja. Yaitu '' Mengenai Pemberhentian dan Pegangakatan Perangkat Desa '' yang sudah dari awal matang disampaikan.

Bagi Kades yang sudah membentuk Perangkatnya,  mereka dengan sendiri bisa mempertanggungjawabkan keputusannya. Hal ini ditegaskan oleh salah seorang kades Kurais Desa Baka Jaya Kecamatan Woja.  '' Saya Siap Bertanggung Jawab '' tegasnya.

DPR yang mendengar pernyataan keras kurais pun bingung, karena lain pihak kewenangan untuk mengangkat dan memberhentikan perangkata desa juga menjadi domain   Kades dengan tetap mengacu pada Undang-undang yang berlaku.

Dalam rapat yang berlangsung di Gedung DPR Dompu pagi tadi, Materi yang dibicarakan adalah, Terkait Pegangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, yang hingga kini masih menuai Kontroversi  di tingkat Desa.

Tidak sedikit dari Kades yang hadir, menanggapi secara tegas terkait Pegangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa yang sudah mereka bentuk. 

Mereka menilai tindakan yang diambil sudah sesuai ketentuan dan dapat dipertanggungjawabkan oleh mereka sendiri.

Sirajuddin  Wakil Ketua DPR Dompu, menegaskan pada pertemuan berikutnya, semua kepala Dinas Harus Hadir. '' Rapat Dengar pendapat hari ini, akan di tindak lanjuti oleh rapat koordinasi secara bersama-sama, yang difasilitasi oleh DPR''. Ujarnya.

Untuk BPMPD, Inspektorat, Kabag Hukum, Camat, dan Forum Desa, dalam waktu 2x24 jam, dan diminta dengan segala hormat, dan diminta dengan segala hormat, Sebut Sirajuddin 2 kali, yang disebutkan tadi tegas dia, tidak boleh diwakilkan. 

Lanjut Sirajuddin, ''Kalau Inspektorat yang hadir harus inspekturnya, kalau BPMD harus hadir Kepala Dinasnya, kalau humas harus hadir Kabag Hukumnya, dan 8 Camat, serta Forum Kepala Desa, itu satu'' Tegas Wakil DPR Dompu Sirajuddin kepada yang disebutkannya.

Yang kedua  kita simpulkan, kata dia,  bahwa untuk Rekrutmen Pegangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, Sirajuddin Menegaskan '' bagi Desa-desa yang bermasalah, terkait dengan SK tadi yang sudah dibahas, itu kita pending dulu sambil menunggu keputusan bersama rapat kordinasi antara pemerintah daerah dengan DPR'' Tegasnya.

Bagi Desa yang tidak bermasalah, Ujar Dia, yang artinya berakhir masa jabatan, itu tidak ada alasan untuk kita melakukan penundaan, karena sesuai dengan mekanisme dan prosedur. '' karena yang kita bahas sekarang adalah perangkat-perangkat yang bermasalah. dan saya yakin dari 33 desa itu tidak semuanya bermasalah''.  Pungkasnya.

Rapat Kordinasi yang dirangkaikan dengan dengar pendapat, yang berlangsung di Gedung Kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten Dompu Rabu (14/2/18) yang dimulai sejak pukul 08.00 Wita dan berakhir Pukul 12.13 Wita, di tindak lanjuti pada pertemuan berikutnya. Tutup Sirajuddin pada pertemuan rapat koordinasi tadi pagi di Gedung DPR Dompu bersama Anggota DPR lainnya dan Para Kades yang hadir.
Usai Rapat Koordinasi Berlangsung di DPR Dompu

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.