Sinergisitas Daerah Dan Pusat Dalam Menanggulangi Bencana
Dr Fu’adi Dan Imran Usai Mengunjungi Lokasi DAS Di Dompu Kamis (01/02/2018) (Bdw/wartadompu.com

WARTADOMPU.COM- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meninjau lokasi Sungai silo dan Sungai laju serta Sungai Soa pasca bencana banjir di Kabupaten Dompu , Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Kamis (01/02/2018). Jam,12.45 siang Wita, peninjauan didampingi kepala BNPB Kabupaten Dompu Imran.
 
karena daerahnya dikelilingi sungai, dan pegunungan sehingga dimungkinkan terjadinya bencana mendadak khususnya di sekitar Kecamatan Dompu dan kecematan Woja. 

Perlunya pencegahan bencana dengan upaya mitigasi yang baik. Maka kami melakukan peninjauan secara langsung ke sungai dan tebing.

Pemerintah juga berkomitmen untuk melindungi warga, agar tidak menjadi korban saat banjir khusus daerah yang rawan bencana maupun banjir.

Ke depannya BNPB akan bersama Pemerintah Dompu melakukan program pengurangan resiko bencana, khususnya banjir dan longsor.

 BNPB akan membuat program desa tangguh dimana masyarakatnya akan diberikan dukungan pelatihan.

 karena program ini berbasiskan Masyarakat  diperlukan bantuan masyarakat untuk mengidentifikasi daerah rawan bencana di kabupaten ini.

yang kemudian BNPB akan membangun early warning system guna mengurangi dampak bencana.’’ Saat  diperlukan data dan informasi yang akurat diberikan oleh masyarakat setempat" ujar Dr. Fu'adi. Kepada Media Warta Dompu.

Kejadian bencana sulit diprediksi,  bencana sewaktu-waktu dapat terjadi,  Untuk itu masyarakat lebih mewaspadai setiap datangnya bencana banjir khususnya warga yang tinggal di sepanjang sungai.

sering terjadinya banjir dan untuk mengurangi dampak bencana dan kerugian besar dari segi ekonomi.  

Rehabilitasi dan Rekonstruksi memerlukan anggaran yang besar Sementara itu kepala BPBD Kabupaten Dompu , Imran , mengatakan rasa syukur kita kepada pemerintah pusat, karena mereka telah memerhatikan Kabupaten Dompu dalam meninjau secara langsung Sungai yg ada di Kabupaten Dompu.

‘’setiap terjadi bencana alam di dompu, saya terus  melaporkan kepada Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) pusat’’ kata kadis BPBD Kabupaten Dompu Imran.
 
untuk kegiatan penanggulangan bencana di Kabupaten Dompu. Kami menunggu regulasi Menteri, Kalau secara teknis kami akan serahkan kepada Dinas pekerjaan Umum Kabupaten Dompu. Ujar Kpela BPBD Kabupaten Imran kepada wartadompu.com Kamis (01/02/2018) pukul 12.45 wita, usai meninjau lokasi DAS yang ada di kabupaten dompu bersama kepala BNPB Pusat Dr Fu’adi.

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.