Usha Kratif Masyarakat  Membuat Batako
Sukardin Warga Lingkungan dore RT/RW 24/02 Kelurahan Simpasai Kecamatan Woja Kabupaten Dompu-NTB Kamis (25/01/2018) (wartadompu.com)
WARTADOMPU.COM - Sukardin (36) warga lingkungan dore RT/RW 24/02 Kelurahan Simpasai Kecamatan Woja Kabupaten Dompu-NTB.

Dengan keterbatasan modal yang dimilikinya, ia pun memberanikan diri untuk membuka usaha jasa pembuatan Batako di halaman depan rumah miliknya.
 
meski usaha yang ia bangun terbilang masih baru 3 hari, namun seiring meningkatnya jumlah penduduk, masifnya peralihan tanah sawah menjadi perumahan, perusahaan, gedung bertingkat, hotel, dan restauran di dompu. ia pun mengambil sisi keuntungan dari itu.

Kepada wartadompu.com ia mengaku modal dasar yang di milikinya hanya pasir hodo satu truk, semen 5 sak, dan alat cetak batako. Dalam sehari ia bersama wan (31) iparnya, mampu mencetak lebih kurang 200 biji batako dalam satu hari.

Meski usahanya baru berjalan 3 hari, ia mengaku senang dengan usaha yang dijalaninya saat ini. '' jumlah modal yang saya keluarkan lebih kurang 1.500 ribu untuk persediaan pembuatan batakonya'' ujar pria (36) ini kepada wartadompu.com kamis (25/01/2018) pukul. 09.00 wita pagi ditempat kerjanya, sambil memasukan bahan dasar semen dan pasir hodo kedalam cetakan batako dan dipukulnya sekencang mungkin, agar hasil cetakannya kuat dan tahan lama untuk kekokohan sebuah rumah yang menggunakan batako buatannya.

Sebelumnya, pria yang akrab dipanggil din ini, sudah 3 kali merantau ke negeri jiran malaysia, menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), karena jauh dari keluarga dan anaknya membuatnya berpikir untuk menetap dan bertahan saja di kampung kelahirannya lingkungan dore kelurahan simpasai kecamatan woja kabupaten dompu-ntb.

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.