Potensi Lahan Jagung Di Dompu Semakin Meningkat, Kriminalitas Menurun
Foto : ist Wartadompu.com Jumat (12/01/2018)
WARTADOMPU.COM - Menyusul kegiatan pembukaan lahan yang masif, persediaan tanah yang masih luas untuk dikelola dan dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat dan juga petani jagung di kabupaten dompu propinsi nusa tengara barat (NTB).

Salah seoarang petani jagung muda dompu desa banggo kecamatan manggelewa yang tidak mau di sebutkan namanya kepada wartadompu.com, menyebutkan, angka kriminalitas kenakalan remaja di kalangan pemuda desa nya saat ini sudah jauh lebih menurun di banding tahun sebelumnya.

Ia menjelaskan, salah satu faktor yang mendasari turunya angka  kriminalitas desanya saat ini,  karena waktu  tidak ada yang terbuang percuma.

Saat ini kata dia, bertani jagung sudah di jadikan sarana kompetisi oleh mereka (pemuda).lapangan bola plastik yang dulu terlihat ramai dipakai untuk bermain bola, kini sudah tidak ada peminatnya.

Mereka lebih tertarik bermain sambil bekerja di lahan pertanian jagung mereka masing-masing. kata dia.

1 hektar lahan jagung yang mereka garap, bisa meraup keuntungan sekitar 30 sampai 40 juta tiap tahun, tergantung pola tanam, pemeliharaan dan perawatanya.

Tidak jarang  saat ini banyak yang punya motor dan mobil, itu karena hasil  kerja keras mereka yang didapatkan mulai tanam sampai panen  jagung. ungkapnya.

Yang masih bujang terpisah dengan orang tuanya, mereka sudah tidak ada istilah bergantung pada orang tua. '' bercocok tanam, orang tua ya, orang tua,  mereka-mereka, punya lahan sendiri-sendiri, padahal masih bujang'' tuturnya.

sehingga tidak heran saat ini angka kriminalitas khususnya kenakalan remaja di desa ini sudah jauh lebih menurun. '' ayam sudah banyak yang berkambang, hinggap begitu saja di pohon-pohon, tidak ada yang mengganggunya. tapi kalau dulu ummm, langkah '' ujarnya.

Mereka sekarang lebih tertarik main di lahan jagung ketimbang main di kampung. '' bertani jagung telah membuat mereka menjadi candu, tidak jarang waktu yang digunakan hanya di lahan jagung terus''. tambahnya menutup diskusinya dengan wartadompu.com jumat (12/01/2018) pukul 12.31 wita.

Foto : ist Wartadompu.com Jumat (12/01/2018)

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.