WARTADOMPU.COM - Nasib Petani Padi Kabupaten Dompu Propinsi Nusa Tengara Barat (NTB), terkatung-katung menunggu perbaikan tanggul yang jebol pasca di hantaman banjir besar belum lama ini di lokasi pertanian So '' Ndono '' Dusun Ragi dan So '' Temba Lambe '' Dusun Owo Desa Mbawi Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu-NTB.

Jebolnya tanggul akibat banjir, mengakibatkan lebih kurang 40 hektar lahan pertanian padi di Desa Mbawi Dusun Ragi So '' Ndono '' 20 hektar dan Dusun Owo So '' Temba Lambe '' 20 Hektar.

Mahdon Petani Dusun Owo yang ditemui dilokasi pertanian so temba lambe, mengatakan, air banjir yang masuk kesawah miliknya mengakibatkan padi rusak setiap tahunnya.

Ia berharap pemerintah bisa dengan segera memperbaiki tanggul yang jebol, karena mengingat air banjir yang masuk merendam sawahnya cukup parah.

Hal yang sama juga disampaikan oleh  petani So ''Ndano '' Dusun Ragi, H. Usaman, ia pun menaruh harapan bahwa tanggul yang jebol di dusun ragi dapat ditangani dengan cepat.

Sejalan dengan itu, Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 Tentan Perlindungan Dan Pemberdayaan Petani Pasal 1 Ayat 1 menyatakan,  Perlindungan Petani adalah segala upaya untuk membantu Petani dalam menghadapi permasalahan kesulitan memperoleh prasarana dan sarana produksi, kepastian usaha, risiko harga, kegagalan panen, praktik ekonomi biaya tinggi, dan perubahan iklim.

Pasal 3 Perlindungan dan Pemberdayaan Petani bertujuan untuk:
a. mewujudkan kedaulatan dan kemandirian Petani dalam rangka meningkatkan taraf kesejahteraan,
kualitas, dan kehidupan yang lebih baik;
b. menyediakan prasarana dan sarana Pertanian yang dibutuhkan dalam mengembangkan Usaha Tani;
c. memberikan kepastian Usaha Tani;
d. melindungi Petani dari fluktuasi harga, praktik ekonomi biaya tinggi, dan gagal panen;
e. meningkatkan kemampuan dan kapasitas Petani serta Kelembagaan Petani dalam menjalankan Usaha Tani yang produktif, maju, modern dan berkelanjutan; dan
f. menumbuhkembangkan kelembagaan pembiayaan Pertanian yang melayani kepentingan Usaha Tani.

Pemerintah Bicara Impor Number One, Giliran Tanggul  Jebol Loyo
Foto : wartadompu.com/Tanggul Irigasi Pertanian Desa Mbawi Jebol minggu (22/01/2018)

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.