Masyarakat Dusun Ragi Desa Mbawi Krisis Air Bersih Di Tengah Gempuran Banjir
Ibu ST. Aisyah Warga Dusun Ragi Desa Mbawi Sabtu (21/01/2018)


WARTADOMPU.COM - Krisis Air Bersih ditengah Gempuran Air Banjir yang menggenangi Ratusan Hektar Lahan Pertanian Padi Milik Petani Di Desa Mbawi Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu-NTB, Seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) minta Pemerintah Daerah dan Satuan Kerja Perangkat Dinas Daerah Kabupaten Dompu. Membangun tanggul penahan air banjir di dusun ragi desa mbawi.Minggu (21/01/2018) Pukul 15.00 Wita sore.

Permintaan ini menyusul rasa kehawatirannya Air banjir masuk memperkeruh air minum yang berada ditelaga persis tempat dia berdiri.

Saya juga mengharap sekali tanggul irigasi dibuat oleh pihak terkait, karena untuk melindungi air minum ditelaga ini. Ini Satunya-satunya air yang digunakan untuk penghidupan masyarakat dusun ragi yang kami minum setiap hari. Ujar Ibu ST. Aisyah (40) Kepada wartadompu. com sore tadi.

Seperti yang diketahui, air minum kerap menjadi masalah yang dihadapi oleh masyarakat setiap hari. Karena Air  merupakan kebutuhan pokok yang wajib tersedia setiap saat.

Hal tersebut sejalan dengan bunyi Pasal 5 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004  Tentang  Sumber Daya Air  yang menyebutkan bahwa Negara menjamin hak setiap orang untuk mendapatkan air bagi kebutuhan pokok minimal sehari-hari guna memenuhi kehidupannya yang sehat, bersih, dan produktif. 
 

Namun pada prakteknya,  jaminan air bersih bagi masyarakat masih jauh dari harapan. Hal ini terbukti dirasakan oleh salah seorang ibu rumah tangga di dusun ragi desa mbawi yang masih menggunakan air tanah dalam telaga untuk di konsumsi ditengah gempuran air banjir akibat tanggul irigasi belum diperbaiki.

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.