Akses Air Irigasi yang masuk langsung kesawah Masyarakat Petani, mengalami penyumbatan, akibat banyaknya tumpukan sampah plastik, kayu, botol bekas (Foto : Wartadompu.om) ( 17/01/2018)
WARTADOMPU.COM - Impor  beras tak menjamin petani kita sejahtera, Petani Dompu minta Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Dompu, perhatikan sarana kelancaran air irigasi persawahan Petani Dompu yang  berlokasi di Desa Baka Dusun Rasana'e (So Rasana'e) Kecamatan Woja Kabupaten Dompu Propinsi Nusa Tengara Barat (NTB).

Mengingat persediaan air irigasi yang cukup, tentu harus di dukung dengan pembangunan sarana baru penyalur air irigasi yang masuk langsung kesawah petani, selain irigasi yang sudah ada (induk), penghubung dari itu.

Alasan kebijakan impor diambil oleh pemerintah indonesia, karena stok beras bulog tidak cukup untuk konsumsi satu dan dua bulan kedepan ditahun 2018 ini.

Selain itu, miminya persediaan stok beras dipasar, memicu inflasi  harga, dari  Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan secara nasional oleh pemerintah.

Untuk menanggulangi hal tersebut, bukan tidak mustahil indonesia lebih khususnya bagian timur, Kabupaten Dompu Propinsi Nusa Tengara Barat (NTB) yang merupakan cadangan terbesar potensi persawahan yang saat ini tersedia di indonesia. Menjamin kebutuhan Swasembada Pangan Nasional.

Namun dibalik ketersediaan areal sawah yang masih luas, Kabupaten Dompu, mengalami kesenjangan dalam penyaluran akses kelancaran air irigasi yang masuk  di setiap sawah petani dompu.

Salah satunya adalah Sawah milik Petani Padi Di So Rasana'e Kecamatan Woja Kabupaten Dompu Propinsi Nusa Tegara Barat (NTB) sebagaimana Gambar yang diambil oleh Wartadompu.com dilokasi lahan pertanian milik petani setempat.

Akses air irigasi yang masuk langsung kesawah masyarakat petani, mengalami penyumbatan, akibat banyaknya tumpukan sampah plastik, kayu, dan botol bekas.

Hal tersebut karena irigasinya masih bersifat alami dan belum dibangun secara moderen, seperti irgasi jaman Now.

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.