Aktifitas Perbengkelan ‘’ Darlen ‘’ Lingkungan Dore Kelurahan Simpasai Selasa (30/01/2018)
WARTADOMPU.COM - Darlen (34) Warga Kampung Dore RT/RW 024/002 Kelurahan Simpasai Kecamatan Woja Kabupaten Dompu-NTB, sesalkan pemberian bantuan kepada jasa usaha perbengkelan kecil di dompu oleh pemerintah khususnya Dinas Sosial dan Ketenaga Kerjaan (Sosnakertrans) Kabupaten Dompu-NTB, diduga salah sasaran.

Ia mengatakan, bantuan alat perbengkelan yang diberikan oleh pemerintah, di duga banyak yang salah sasaran. '' Masyarakat yang tidak memiliki skil dan keahlian dibidang itu (perbengkelan) di berikan bantuan alat, sementara pelaku usaha jasa  perbengkelan yang sebenarnya tidak mendapatkan bantuan alat'' ungkapnya.

Mustahil bantuan itu bisa berjalan dengan baik, sementara lain pihak penerima alat bantuan dari peemrintah tidak memiliki skil perbengkelan. sambungnya.

'' Sayang juga alat yang canggih dan mahal yang di berikan oleh pemerintah  tapi tidak dimanfaatkan dengan baik  oleh penerima bantuan sebagai modal usaha untuk menghidupi diri sendiri dan juga keluarga mereka'' imbuhnya.

Sejak dibangunnya bengkel miliknya, terhitung pada tanggal 14 april 2006 lalu, ia mengaku belum pernah mendapatkan bantuan alat dari pemerintah lebih khusus Dinas Sosnakertrans.

Padahal pemberian alat bantuan usaha perbengkelan seperti dirinya sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran usaha pemuda dan masyarakat yang menggeluti dunia perbengkelan.

Kendati demikian, ia tidak menampik tanpa bantuan alat dari pemerintah usaha bengkelnya tidak berjalan. 

Yang ia sayangkan adalah pemberian bantuan alat oleh pemerintah kepada jasa usaha perbengkelan tambal ban, dan ganti oli di dompu tidak bertahan lama.

Bila dibandingkan dengan dirinya yang secara serius menekuni dunia usaha jasa perbengkelan yang dibuka setiap hari di jalan lintas sumbawa kelurahan simpasai lingkungan dore kecamatan woja kabupaten dompu-NTB. 

ia mengaku banyak kekurangan yang dihadapinya saat ini, terutama mengenai alat seperti kelengkapan kunci yang masih kurang, gerinda potong, kompresor pengisian angin yang sekaligus digunakan untuk tambal ban, dan ganti oli kendaraan.

Dalam sehari ia mengaku hanya memperoleh uang dari hasil perbengkelannya Rp. 100 ribu, yang didapatkan dari ganti oli, ganti felek kendaraan, tambal ban dan ganti angin. '' Itupun tidak menentu tergantung situasi, kadang sepih juga bisa 30 ribu satu hari. Ujarnya.

Saat ini lanjut dia, keadaan sudah sepih gak kaya dulu waktu tahun 2016 dan 2017, dulu kata dia banyak pengunjung (masyarakat) yang datang mereparasi (modifikasi) motor bebek milik mereka menjadi Trabas. '' dalam sebulan ada 3 sampai 4 motor yang saya modifikasi menjadi trabas, tapi sekarang sepih mas'' Ujar Darlen yang ditemui di  tempat kerjanya di jalan lintas sumbawa kelurahan simpasai lingkungan dore RT/RW 024/002 Kecamatan Woja Kabupaten Dompu-NTB Selasa (30/01/2018) Pukul 09.00 Wita.
Darlen yang ditemui di  tempat kerjanya di jalan lintas sumbawa kelurahan simpasai lingkungan dore RT/RW 024/002 Kecamatan Woja Kabupaten Dompu-NTB Selasa (30/01/2018)
Hal tersebut kata dia, karena banyak masyarakat yang sudah menggunakan motor buatan perusahaaan. jelasnya.

Namun dibalik sengitnya kehidupan, dan gemerlap warni-warninya  hidup ini, ditambah banyaknya pesaing jasa usaha perbengkelan yang lebih lengkap menyediakan sarana servis dan suku cadang, ia tetap tegar melakoni jasa usaha perbengkelan miliknya walau masih banyak yang kurang dalam hal sarana perlengkapan alat.

Untuk itu, ia berharap pemerintah melalui Disnaketrans kabupaten dompu, lebih peduli memperhatikan jasa usaha perbengkelan kecil sekelas dirinya, dengan memberikan bantuan yang berupa alat perbengkelan.

Hal ini bertujuan untuk memberdayakan pelaku ekonomi lokal khususnya yang membuka jasa usaha perbengkelan di pinggir jalan.
Motor Trabas Hasil Modifikasi Bengkel Darlen
''ia tentu dukungan dan perhatian dari pemerintah dalam hal ini Disnaketrans Kabupaten Dompu, sangat diharapkan, untuk membantu  pelaku usaha jasa perbengkelan lokal di pinggir jalan'' Tutupnya.

Profil Perbengkelan :
...............................
Nama  : Bengkel '' Darlen ''

Alamat : Lingkungan Dore RT/RW 024/002 Kelurahan Simpasai Kecamatan Woja Kabupaten Dompu

Tahun berdiri : 14 April 2006

Kepala Bengkel : Dahlan 

Jumlah Anggota : 10 Orang

Jenis Usaha : Perbengkelan (Servis, Ganti Oli, Tambal Ban/Tubles, Modifikasi)
Ketersediaan Kunci Yang Minim

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.