Amirullah, SH : Kendaraan Bermotor Umum Yang Mengangkut Alat Berat Harus Menyertakan Jati Diri Nama Perusahaan
Amirullah, SH Saat ditemui di ruangan kerjanya di jalan lintas lakey desa rasabou kecamatan huu kabupaten dompu propinsi nusa tengara barat (NTB), rabu (10/01/2018)
WARTADOMPU.COM – Amirullah, SH mengatakan, Kendaraan bermotor umum yang mengangkut alat berat yang melebihi dimensi sebagaimana yang ditetapkan dalam pasal 19 UU LLAJ, harus mendapatkan pengawalan dari petugas kepolisian.

yang dimaksud dengan ‘’ angkutan barang umum ‘’ kata dia, adalah angkutan barang pada umumnya, yaitu barang yang tidak berbahaya dan tidak memerlukan sarana khusus.

Sedangkan yang dimaksud dengan ‘’ angkutan barang khusus ‘’ adalah angkutan yang membutuhkan mobil barang yang dirancang secara khusus untuk mengangkut benda yang berbentuk curah, cair, dan gas, peti kemas, tumbuhan, hewan hidup, dan alat berat serta membawa barang yang berbahaya lainya. ujarnya

Kendaraan bermotor yang mengangkut barang khusus lanjut dia, wajib melihat pasal 162 ayat 1 Undang-undang Lalu lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ). tukasnya.

Memenuhi persyaratan keselamatan sesuai dengan sifat dan bentuk barang yanjg diangkut, diberi tanda tertentu sesuai dengan barang yang di angkut, memarkir kendaraan ditempat yang ditetapkan, membongkar dan memuat barang di tempat yang ditetapkan dan dengan menggunakan alat sesuai dengan sifat dan bentuk barang yang di angkut, beroperasi pada jam dan waktu yang tidak menganggu keamanan, keselamatan, kelancaran, dan ketertiban lalu lintas dan angkutan jalan, terakhir kata amir, mendapat rekomendasi dari instansi terkait.

Pertanyaannya, apakah kendaraan tersebut dikawal atau tidak, serta apakah sudah memenuhi syarat yang ditentukan oleh Uu?, mengenai kendaraan bermotor umum yang mengangkut alat berat kata dia, terdapat dalam keputusan menteri perhubungan nomor KM. 69 Tahun 1993 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang di Jalan, sebagaimana terakhir di ubah dengan keputusan menteri perhubungan nomor KM. 30 Tahun 2002.

Berdasarkan pasal 31 ayat 1 kepmenhub no. 69/1993, kata dia, mobil barang pengangkut alat berat wajib memenuhi persyaratan.

Persayaratan yang dimaksud yaitu, Nama perusahaan harus melekat pada sisi kiri dan kanan badan kendaraan, jati diri pengemudi yang ditempatkan pada dashboard.

Selain itu, persyarata lain adalah terdapat pada pasal 31 ayat 3 kepmenhub no 69 tahun 1993, lampu isyarat berwarna kuning yang ditempatkan di atas atap kendaraan, kelengkapan lain yang diperlukan dalam pegangkutan alat berat juga harus di sediakan. Ujarnya.

Adapun tata cara pegangkutan alat berat yang disebutkan dalam pasal 32 kepmenhub no 69 tahun 1993, yaitu untuk menaikkan dan/atau menurunkan alat berat harus memenuhi ketentuan.

ketentuan yang dimaksud jelas dia, yaitu, sebelum pelaksanaan harus di persiapkan dan di periksa alat bongkar muat yang dapat berupa forklif atau crane, dilakukan pada tempat-tempat yang telah ditetapkan dan tidak menganggu keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, pemuatan alat berat dalam ruang muatan mobil barang harus di ikat dengan kuat dan di susun dengan baik sehingga beban terdistribusi secara proporsional pada sumbu-sumbu kendaraan.

Akan tetapi,kepmenhub no 69 tahun 1993 ini tidak menjelaskan kewajiban pengawalan pihak kepolisian saat pegangkutan alat berat dilakukan. tutur Amirullah SH, menambahkan, saat di temui Wartadompu.com di ruangan kerjanya di jalan lintas lakey desa rasabou kecamatan huu kabupaten dompu propinsi nusa tengara barat (NTB) Rabu (10/01/2018) Pukul. 10.08 Wita pagi.
Foto : wartadompu.com Rabu (10/01/2018)

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.