Dari gambar yang diperoleh di lapangan, Wartadompu.com menemukan beberapa titik ataupun lokasi Izin Usaha Pertambangan (IUP) Batuan dan Pasir Besi yang masuk di kabupaten dompu propinsi nusa tengara barat (NTB).
Lokasi Operasi Produksi Pertambangan Sucakre Luih Dan PT. Rangga Eka Pratama Desa Kwangko Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu-NTB ( Foto : Wartadompu.com)

WARTADOMPU.COM - Dari gambar yang diperoleh di lapangan, Wartadompu.com menemukan beberapa titik ataupun lokasi Izin Usaha Pertambangan (IUP) Batuan dan Pasir Besi yang masuk di kabupaten dompu propinsi nusa tengara barat (NTB).

Yang kesemuanya itu, diduga belum menerapkan sistim Reklamasi Pasca Tambang Sebagaimana yang disebut dalam Undang-undang No. 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral Dan Batu Bara (Minerba).

Ketentuan  Pasal 100 ayat 1 menyatakan,  Pemegang IUP dan IUPK wajib menyediakan dana jaminan reklamasi dan dana jaminan pascatambang.

Ayat 2   Menteri, gubernur, atau bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya dapat menetapkan pihak ketiga untuk melakukan reklamasi dan pascatambang dengan dana jaminan sebagaimana dimaksud pada ayat 1.

Ayat  3 Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat 2 diberlakukan apabila pemegang IUP atau IUPK tidak melaksanakan reklamasi dan pascatambang sesuai dengan rencana yang telah disetujui.
WP Eksplorasi dan Eksploitasi Material Tambang Di Daerah Aliran Sungai (DAS) Desa Kwangko Kecamatan Manggelewa Oleh Pertambangan Sucakre Luih Tahun 2011

Bekas Galian Tambang Yang Di Duga Ilegal Desa Kwangko Kecamatan Manggelewa

Eksploitasi Material Bahan Tambang DAS Desa Rasabou Kecamatan Huu Kabupaten Dompu yang diduga rusak dan belum dilakukan Reklamasi

Lokasi Tambang Pasir Besi Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu yang diberi garis polisi 

Posting Komentar

Warta Dompu

{picture#https://lh3.googleusercontent.com/-2mBCS3yYrBk/Wj059R-fHEI/AAAAAAAAAOM/PW-QOSxL99EVnjuFLLytXHTU-EDGkcp-ACLcBGAs/h120/WD.png} Harian dompu untuk indonesia, menyajikan berita lokal, nasional maupun internasional terkini {facebook#https://www.facebook.com/wartadompu} {twitter#https://twitter.com/wartadompu} {google#https://plus.google.com/u/0/111968712748616791463} {linkedin#https://www.linkedin.com/in/wartadompu/} {instagram#https://www.instagram.com/wartadompu}
Diberdayakan oleh Blogger.